March 27, 2024

Apa itu Brace Height?

Brace height adalah jarak antara string dan titik terdalam handle saat busur dalam kondisi rileks (limbs jangan disenderin atau dikasih beban). Pada jaman English Longbow, pengukuran ini dinamakan Fistmele karena dilakukan dengan fist (kepalan tangan) terus jempolnya ditongolin. Itulah kenapa alat yang dipake buat ngukur brace height kita sebut Fismil dalam bahasa Indonesia. Bahasa lainnya adalah T gauge atau bow square.

 Cara ngukur brace height jaman urdu
Ini yang namanya fismil/T gauge/bow square. Kalo mau beli klik disini yah.
Gini nih cara ngukurnya:
ini contoh brace height 20cm
Kalo gak punya fismil bisa juga pake penggaris biasa (pura2nya ini penggaris biasa)
Rata2 di riser/handle itu ada lapisan kayu yang membentuk garis lurus antara titik terdalam handle dengan posisi lubang plunger atau tempat arrow rest. Jadi supaya gak miring2 ngukurnya langsung ke arrow rest juga bisa. Kayak gini:
Apa sih ngaruhnya brace height? Wah, jangan disepelein deh. Banyak fungsinya.
1. Mempengaruhi noise/berisik tidaknya limbs pada saat ditembakkan. 
Brace height yang terlalu rendah biasanya membuat busur jadi berisik, tapi terlalu tinggi juga sama. Jadi ngetesnya kita coba2 aja alias trial and error. Coba di brace height minimal, coba ditembakin dulu, dengerin suaranya, setelah beberapa arrow baru ditambah brace heightnya dikit2. Gimana caranya? Pendekkin stringnya dengan memelintir string ke arah yang ngencengin center serving (lapisan string lain yang menebal di tengah2 bowstring). Kalo melintirnya salah arah, nanti center serving bakal jadi longgar dan bisa lepas. Cara ngurangin brace height otomatis kebalikan arah melintir pas nambahin. Tambah/kurangin 5 pelintir atau 5mm dalam sekali percobaan cukup lah.
Info tambahan, jumlah pelintiran maksimal menurut produsen string BCY adalah 0,5 – 0,75 pelintiran per inchi panjang string. Untuk bow ukuran 68 inch biasanya panjang stringnya adalah 64-65 inch. berarti jumlah pelintiran maksimal adalah 32-49.
Minta bantu temen juga dengerin suaranya, biasanya penonton lebih jago komentar (kayak nonton bola, haha…). Kalo udah nemu brace height yang paling gak berisik, ukur brace heightnya terus inget2. Kenapa harus inget? Karena kalo misal ganti string atau string melar kita bisa tambah pelintirannya ke brace height hasil percobaan diatas.
2. Mempengaruhi getaran busur (hand shock). 
Sejalan dengan noise, semakin besar noise berarti semakin besar getaran. Getaran di busur kayaknya gak ngaruh ke akurasi, karena pada saat busur mulai bergetar si arrow udah jauh. Tapi menurut pengalaman pribadi, getaran itu lama2 bisa bikin longgar baut2 yang ada di busur. Misal baut fisir, plunger, stabilizer, dkk. Kebayang kan kalo fisir longgar, bisa lari kemana2 itu arrow.

 

3. Mempengaruhi Dynamic Spine. 

Busur memiliki nilai dynamic spine. Karena dengan perubahan brace height, beban yang diterima limbs pada saat busur rileks juga berbeda. Nantinya akan mempengaruhi berat tarikan / draw weight pada saat posisi anchor. Kalo brace height ditambah maka draw weight akan bertambah dan sebaliknya, walaupun gak gede2 amat. Pengalaman sih gak nyampe 2 lbs perubahannya.

Artikel tentang dynamic spine: https://papatembak.com/2016/06/bagaimana-cara-memilih-anak-panah-arrow-yang-tepat-untuk-busur-bow-anda-perkenalkan-dynamic-spine-calculator.html

4. Mempengaruhi Bow Forgiveness.

Karena kita bukan mesin, otomatis dikit2 bakal ada kesalahan yang kita buat pada setiap tembakan. Posisi otot gak akan 100% sama dalam setiap tembakan, artinya konsistensi berubah2. Busur dengan tuning yang baik akan mengurangi faktor “manusia” diatas, itu biasa disebut Bow Forgiveness. Kalo tuningnya ngaco, busur malah akan memperparah kesalahan si archer.

Gimana brace height mempengaruhi bow forgiveness? Kalo brace height tinggi, arrow akan lebih cepat lepas dari string. Artinya getaran string yang bisa menyebabkan arrow lari kanan kiri bisa dikurangi. Tapi gak gratis, pasti ada yang harus ngalah. Karena jarak dorong berkurang, otomatis energi yang diterima arrow atau biasa disebut power stroke juga berkurang yang akan mengurangi kecepatan arrow.

Terus berapa sih brace height yang bagus? Biasanya pabrikan bakal ngeluarin rekomendasi brace height untuk setiap busur. Tapi sialnya untuk standard bow merk Cartel dan SF (yang paling banyak dipake di Indo). Saya belum nemu manual dari pabriknya. Jadi ya selama ini dicoba2 aja mana yang paling gak berisik dan bergetar. Sekedar contoh, busur saya panjang 68 inch saya pake brace height 20cm. Setelan masing2 bisa beda2 sesuai selera. Kalo ada yang nemu manualnya bagi ya.

Nya ceuk aing ge,
Azhar A. Suryadiningrat

40 thoughts on “Apa itu Brace Height?

      1. kalo recurve riser metal mungkin aja sih, tapi kalo busur kayu biasanya di kisaran 7 inch. coba liat aja di area ujung limbs, kalo terlalu ngangkang berarti ketinggian.

  1. Kang jadi emang gak standar ya ukuran brace height dari pabriknya? Soalnya busur saya itu brace height nya rendah banget cenderung mendekati busur sehingga pergelangan tangan saya mesti kejepret terus. Dah pakai teknik apapun tetap kejepret pergelangannya. Dan suaranya cenderung "terrr" "teerrr"gt, biasanya kan mantab ya suaranya kayak "bettt" gt…dan kayaknya lari panah agak gak beraturan gt…bener kah kang?

  2. Mas, saya mau tanya.

    Kalau saya ingin mendapatkan brace height 8" dengan busur ukuran 70", berapa panjang sting yang diperlukan ya..? Apakah ada perhitungannya untuk mendapatkan panjang string yang diperlukan..?

    Thanks

  3. Biasanya untuk recurve 3-4 inch lebih pendek dari panjang busur. Untuk ukuran 70 berarti panjang string 66-67 inch.

    Formula yang hubungannya sama brace height saya gak tau. Saya biasanya pake string 3,5 inch lebih pendek. Sisanya dikompensasi sama pelintiran di string.

    Atau kalo mau tepat bisa coba dulu pake tali biasa (misal paracord) sampe BH yang diinginkan. Baru ukur panjang tali tersebut.

  4. mas, BH busur saya 13.5cm
    klo baru dipasang 14.5cm
    pergelangan tangan saya pasti kena setelah lama dipakai
    apakah wajar ada prubhan BH setlah dipkai (sktr 10mnit setrlah dipakai)

  5. Wah, deket banget. Busurnya ukuran berapa?

    Iya, emang biasanya berkurang kalo dipake. Tapi biasanya dikit aja, mungkin 5mm maksimal.

    Kalo pake string dacron atau bahan lain yang elastis mungkin lebih.

  6. 68" mas, dngan dw 30lbs
    stringnya memang dacron
    apa harus ganti string yah?
    btw ada video cra setting BH, bngung cra plintir nya bgaimna, msih baru di dunia panahan

  7. Terlalu kecil om, dan terlalu jauh. Jadi kayaknya harus ganti string. Mungkin itu stringnya buat busur ukuran 70.

    Saran saya ganti string fast flight biar gak terlalu melar.

    Video mungkin bisa cari di youtube, saya gak punya. Intinya string dililit biar memendek. Dililit ke arah berlawanan biar memanjang.

  8. Kang, kalo buat Horsebow 30-40lbs Gimana? Saya pernah beli arrow 7mm panjang 75cm pake bulu entok (rata berat 30-35gram), saya pake latihan dgn Horsebow, horsebow terasa getar alias Handsock, tapi kalo saya pake arrow 8mm bambu atau 8mm Aluminium (rata berat 50an gram) , efek hand shock ga ada..

    Anehnya, kalo saya pake Recurve Bow standar 68", handshock juga ga terasa. Jadi khusus utk Horsebow 30-40lbs saya, ada masukan soal arrow yg bagus ( saya suka Arrow tradisional)..😄🙏🙏

  9. Assalamualaikum coach..twist string itu arah pusing ikut jam atau lawan jam jika twist di end loop utk lower limbs?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *