Toko Papatembak

Bagaimana Cara Memilih Anak Panah/Arrow yang Tepat Untuk Busur/Bow Anda? Perkenalkan: DYNAMIC SPINE CALCULATOR!

Stu Miller's Dynamic Spine Calculator Versi 2

Stu Miller's Dynamic Spine Calculator Versi 3

Dalam olahraga panahan, form/teknik memanah adalah yang paling utama dan harus dikuasai duluan. Latihan bisa dilakukan dengan busur dan anak panah apa aja yang ada. Tapi kalo udah cukup menguasai dan masuk ke fase yang lebih serius, "tuning" akan sangat membantu dalam meningkatkan akurasi tembakan.

Busur dan anak panah diproduksi dalam berbagai ukuran untuk menyesuaikan kebutuhan pemanah yang berbeda2 (postur, tenaga, selera, dll). Karena itu busur dan anak panah masing2 mempunyai nilai "Dynamic Spine" yang berbeda2 juga dan harus dipasangkan dengan sesuai untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Apa itu dynamic spine? Hmm, apa ya. Dynamic spine adalah suatu nilai yang dimiliki oleh bow/busur dan arrow/anak panah yang akan mempengaruhi reaksi anak panah pada saat ditembakkan/direlease.

Nilai dynamic Spine pada busur utamanya dipengaruhi oleh berat tarikan (draw weight), panjang tarikan (draw length), posisi center shot, tekanan per/spring pada plunger, brace height, jenis string (dacron, "fast flight"), dan jumlah strand/ply pada string.

Nilai dynamic Spine pada arrow utamanya dipengaruhi oleh static spine (ukuran panah, misal 400, 700, 1716, 1816, dst mempunyai nilai static spine berbeda2 yang bisa dilihat di spesifikasi pabrikan), panjang arrow, berat point (ujung tajam), berat bushing/insert, berat nock, dan berat fletching (vanes atau bulu).

Artikel tentang static spine: http://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/apa-arti-spine-deflection-pada-arrow.html


Nilai static spine pada arrow Easton Platinum

Setiap perubahan pada hal2 diatas akan mempengaruhi nilai dynamic spine dan tentu akan mempengaruhi keharmonisan hubungan busur dan anak panah.

Coba aja memanah dengan anak panah yang berbeda2 (beda static spine, beda panjang, beda bahan, dst) dalam satu rambahan, walaupun dibidik ke titik yang sama tapi groupingnya tidak akan bagus (asumsi teknik sudah konsisten). Karena nilai Dynamic Spine nya berbeda, cara anak panah tersebut terbang pun akan berbeda.

Lalu bagaimana cara menemukan pasangan busur dan panah yang tepat? Inilah yang dinamakan "tuning".

Untuk mempermudah tuning, telat dibuat sebuah program kalkulator yang disebut "Dynamic Spine Calculator", dibuat oleh Stu Miller. Tujuannya supaya orang tidak perlu mencoba satu2 dengan metode "trial and error". Karena akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Ini link kalkulator beserta instruksinya (masih dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesianya nyusul):

Versi 2: http://www.heilakka.com/stumiller/

Versi 3: https://www.dropbox.com/s/w2ux3sbseyj25zn/Dynamic%20Spine%20Calculator%20Rev%205-12%20%202007.xls


NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Geus tereh lebaran euy,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

41 comments:

  1. Mas kalau aku pake panah recurve krg lbh 150cm dan 30lbs untuk cewek yg rentang tangannya 155cm kira" cocok pakai arrow jenis apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 30lbs bisa coba pake 1616 atau 1716 atau arrow jenis lain yang nilai spinenya mirip.

      Delete
  2. Neangan program kalkulatorna dimana yeuh...

    ReplyDelete
  3. kang kalo motong anak panah baiknya pake apa ya?punya saya masih default 30" mau sy potong ke 28"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idealnya pake arrow cutter (bentuknya kayak gerinda potong). Biasanya ada yang buka jasa potong arrow, pake itu aja karena kalo beli mahal.

      Ada juga yang suka pake pemotong pipa kapilernya AC. Cuma memang tingkat keseragamannya kurang. 1-2mm aja bedanya ngaruh banget loh di clicker.

      Jadi menurut saya mending pake alat yang udah didesain khusus buat motong arrow supaya hasilnya lebih seragam.

      Delete
    2. berhubung sy ada di daerah yg panahannya belum memasyarakat nyari yg gituan kyknya g mungkin kang, kalo misal potong pake pemotong pipa itu tp dikasih toleransi 5mm trus diseragamin pake ampelas kira" gmn ya?

      Delete
    3. Daerah mana om? Biasanya mereka terima paket. Ntar udah dipotong dibalikin. Tapi ya jatohnya jadi mahal. Kalo pake arrow mahal sih sepadan lah.

      Kalo darurat sih mau pake gergaji besi juga bisa, tapi ntar dihalusin dan diseragamin pake kikir halus atau amplas.

      Delete
    4. saya di bangka kang, setau saya baru ada 1 klub panahan, dan itu g punya alatnya.
      mungkin nanti pake alat potong pipa aj, eh iya ada tips buat ngukur panjang arrow biar cocok sama DL saya g kang?share ya..trims

      Delete
    5. Setaun pertama bakal banyak perubahan teknik. Karena belum kuat atau posisi badan belum bagus. Jadi kalo langsung potong pendek hati2, gak bisa dipanjangin lagi.

      Mungkin bisa pake calculated draw length dilebihin 1-2 inch.

      Delete
  4. Kang,.mau nanya cara menghitung berat lbs panah gmn, misalkan ukuran pnjang busur horsebow 140 cm, terus kita harus brp cm panjang tali busur dri ujung keujung siyahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Standard spesifikasi draw weight (berat tarikan) untuk horsebow biasanya pada draw length (panjang tarikan) 30-31 inches.

      Dari penjual biasanya dibilang misal begini:

      45lbs @31

      Yang berarti pada draw length 31 inches draw weightnya 45 lbs.

      Delete
    2. Baru baca lagi, ternyata jawaban saya gak nyambung. Haha...

      Buat ngukur berapa lbs draw weightnya ya pake timbangan. Untuk horsebow biasanya ditarik sampe 30-31 inches.

      Pemakaian string horsebow saya kurang paham. Yang pasti bakal beberapa inches lebih pendek dari panjang busur. Untuk recurve biasanya 3-4 inches lebih pendek. Parameter utamanya adalah brace height. Tentukan berapa brace yang diinginkan lalu ukur stringnya.

      Delete
  5. Kang mau nanya, saya pakai busur recurve buffalo pinnacle 70" 30lbs, rencana saya mau pakai arrow easton platinum 1816, apakah sudah tepat? Saya tinggi badan 176, rentang tangan saya agak panjang, karena kalau pakai arrow 1716 tinggal sisa dikit banget kalau saya tarik panahnya (sisa diujung arrow rest dikit banget gan) kalau saya paksa full draw kadang bisa jatuh dari arrow rest panahnya ��. Makasig kang sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut kalkulator diatas pake 1816 kalo gak dipotong mah udah cocok banget buat om. Kalo pake 1716 malah kurang kaku.

      Delete
    2. Baik kang makasih banget atas sarannya, jadi yakin sekarang

      Delete
  6. Kang maaf mau nanya lagi, kalau saya pakai busur 70" dan draw weight 30 lbs serta arrow 1816 itu string nya pas nya pakai yg berapa ply ya? Saat ini saya pakai 16 ply punya cartel fast string, mau saya naikin ke 18 ply pakai 452x apakah pas? Atau pas nya yg ukuran ply berapa ya? Nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya untuk pemakaian string selama masih di kelas "fast flight" perbedaannya gak begitu signifikan.

      Yang penting nantinya diameter total string + serving ngepas di nock. Gak kegedean gak kekecilan. Nock fit sangat mempengaruhi akurasi menurut pengalaman saya.

      Delete
  7. kalau pakai busur cartel standar recurve bisa pilih bow apa ya mas di kalkulatornya..? fyi, rentang tangan saya 180cm, untuk arrow bisa pakai easton xx75 yang ukuran berapa ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake "generic recurve" aja pilihannya.

      Arrow tergantung draw weiht busur yang dipake juga.

      Delete
  8. rencana mau pakai yang 30 lbs

    ReplyDelete
  9. Sy pake 66" 28 lbs,pake arrow 1616,,tp beut kepanjangan kang,bentang tangan sy 159 cm,,,jadi kira² sebenarnya berapa panjang arrow yg pas buat sy ? Hatur nhun sateu acana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punten baru bales, kelewat kemaren.

      Panjang arrow bagusnya sesuai draw length kalo terutama kalo pake clicker. Untuk sementara dibiarin panjang gapapa, nanti kalo udah mau pake clicker baru minta tolong temen nandain panjang arrow yang pas di clickernya.

      Delete
  10. untuk mengisi data kalkulator itu apa aja data yang dibutuhkan dan bagaimana membaca hasil/resultnya.? apakah data hasil hitungan dipakai untuk menentukan panjang anak panah yang mau dipotong? mohon di kasih screen shot keterangan versi indonesia.. belajar menghitung perasaan kok gak pas pas hasilnya he he he eh mohon pencerahan

    ReplyDelete
  11. Cara pakenya sebenernya udah ada di link diatas. Cuma belum sempat saya terjemahkan. Mudah2an minggu depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  12. ini contoh yang udah tak isi kurang yakin bener apa salah... tolong di analisa yang mana yang perlu diisi.. dan hasil perhitungannya bagaimana menggunakannnya?
    http://s1188.photobucket.com/user/elya_nery/media/hitungan_zpsdze9i2ru.jpg.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjut ke WA aja gan, terlalu panjang kalo disini. Nomor saya ada di contact us.

      Delete
    2. simpan dulu gan jejaknya besok besok pinjem WA nya anak

      Delete
  13. Kang saya pakai Standar Bow SFOptimo+ 70" 34 Lbs baiknya menggunakan anak panah ukuran berapa ya? saat ini saya menggunakan anak panah dengan diameter 8mm. saya juga mw mengganti string yg skrng pake 12ply menjadi 16ply? mohon pencerahannya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya parameter yang harus diperhitungkannya banyak, termasuk salah satunya yang terpenting adalah panjang tarikan (draw length) sampeyan dan panjang arrow (kalo niat dipotong buat clicker). Tapi kalo ngeliat sampeyan pake busur ukuran 70 saya asumsikan draw length udah diatas 28 inches. Kalo arrow alumunium mungkin bisa pake ukuran 1816/1916, atau arrow bahan lain yang punya nilai spine mirip2. Coba dulu pinjem punya temen/klubnya. Kalo terbangnya bagus baru mikir buat beli. Sayang kalo udah beli ternyata salah ukuran.

      Delete
  14. kang saya pakai horsebow efg 28" 51 lbs... strung 133 panatsnya pakai arrow spin brapa bagusnya bahan kayu,fiber,alumunium atau karbon... semakin besar nilai spin semakin lentur ya semakin rendah semakin kaku? apa kalau horsebow semakin besar lbsnya lebih baik gunakan yg kaku?? makasih sebelumnya kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang paham masalah horsebow. Yang pasti kebanyakan pemakai horsebow memilih pake arrow berbahan kayu atau bambu, karena sama2 tradisional dengan busurnya.

      Semakin besar nilai spine/deflection artinya arrow semakin fleksibel.

      Semakin berat tarikan busur, semakin kaku arrow yang dibutuhkan.

      Dari saya segitu aja, sisanya silahkan tanya seniornya di horsebow.

      Delete
  15. Mau nanya, saya pake busur 66-26lbs, DL saya 30", cocoknya pake anak panah 1516 atau 1616 mas. Atau pake spine barapa, newbe nih butuh pencerahan

    ReplyDelete
  16. kang upami tarikan 28 trus limb lbs 40 pake anak panah spine sabaraha?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak parameter lain yang harus diketahui. Tapi umumnya pake 1816 atau arrow lain dengan nilai spine yang mirip.

      Delete
  17. Gan.., kalo pake recurve 70"/30 lbs..cocoknya pake arrownya ukuran spine brp dan panjang nya brp inch ya..?

    ReplyDelete
  18. kang draw length saya 30", pake standar bow 70"-36lbs.. arrow yg saya pake easton platinum plus 1916 karena coba itung2an ternyata dw aktual saya 38lbs...gruping udah enak karena arrow ga terlalu liar spt sebelumnya pakai 1813.. cuma masalah baru muncul, krn arrow ny berat dan diameter nya gede sering banget lepas dari arrow rest.. mau coba ganti pake 1816 cocok ga ya? soalnya tak cek di website easton spine nya yg 1916=623,sementara 1816=756.. haturnuhun sateuacanna kang

    ReplyDelete
  19. Hmm, kalo pake 1916 udah enak dan groupingnya bagus kenapa ganti ukuran cuma karena masalah di arrow rest? Mungkin lebih baik diakalin dulu arrow restnya. Bisa diganti tipe, atau sudut kemiringan restnya diubah. Kalo arrow saya jatoh dari arrow rest biasanya karena nocknya kejepit jari telunjuk dan jari tengah pas hooking. Coba cek hal2 diatas dulu sebelum ganti arrow. Kan lumayan harganya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.