Toko Papatembak

Dacron atau "Fast Flight"? Pilih String Yang Mana Ya?

Bowstring memiliki beberapa sifat utama, diantaranya:

Stretch: Elastisitas bahan, kembali ke bentuk semula. Kayak karet.

Creep: Melar/memanjang tapi gak balik lagi ke bentuk semula.

Abrasion Resistance: Ketahanan terhadap gesekan. Bow string kan terdiri dari beberapa helai/strand/ply. Saat dililit untuk menyesuaikan brace height tentu si string bakal bergesekan.

Durability: Keawetan bahan. Suka liat string yang bentuknya kayak ulat bulu? Nah itu ciri string yang udah layak buang. Semakin awet string, semakin lama itu string jadi ulat bulu.

Noise: Tingkat kebisingan string waktu ditembakin.

Breaking Strength: Berapa tension yang dibutuhkan buat mutusin si string. Satuannya biasanya lbs.

Jaman kadal, bahan string yang dipake adalah bahan alami/natural fibers dari tanaman, binatang, atau mineral. Jaman sekarang udah canggih kali, fibernya udah pake yang sintetik yang punya kekuatan dan sifat2 lain yang lebih bagus daripada yang alami.

Terus Dacron itu apa? Dacron itu sebenernya adalah merk dari fiber polyester keluaran DuPont, nama aslinya adalah Polyethylene Terephthalate. Bahannya punya sifat stretch lebih tinggi dari "fastflight". Efeknya apa? Karena melar/stretch maka kecepatan si string waktu mendorong arrow jadi sedikit berkurang. Tapi positifnya ujung limbs tempat nempelnya string (limb tips) tidak menerima energi yang tiba2. Dacron juga awet/durability tinggi jadi cocok buat pemula.

Karena sifat stretch diatas, nilai Dynamic Spine busur yang memakai string Dacron juga akan berkurang. Otomatis membutuhkan arrow yang lebih fleksibel (nilai spine/deflection lebih tinggi) dibandingkan dengan busur yang pake string fast flight.

Artikel tentang spine/deflection: https://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/apa-arti-spine-deflection-pada-arrow.html

Artikel tentang dynamic spine: https://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/bagaimana-cara-memilih-anak-panaharrow.html

Sedangkan Fast Flight sebenernya adalah merk string keluaran Brownell. Tingkat stretchnya lebih kecil dari yang berbahan Dacron, yang membuat si arrow/anak panah terbang lebih cepet. Tapi entah kenapa makna dari Fast Flight jadi meluas, semua string modern yang punya nilai stretch kecil biasa disebut string fast flight. Jadi string sekarang dikategorikan jadi 2 kategori besar, yaitu "Dacron" dan "Fast Flight".

  
String Fast Flight yang originalnya, keluaran Brownell.
 
Apa yang harus dipertimbangkan saat memilih string antara Dacron atau Fast Flight? Yang utama adalah kemampuan si bow/busur terutama bagian ujung limbs/limb tips untuk menerima beban tiba2 pada saat busur ditembakkan.

Busur modern udah didesain untuk bisa memakai string fast flight, karena ujung limbs udah dilapis bahan yang lebih kuat (biasanya lebih tebel juga). Sedangkan busur tradisional biasanya belum. Kalo busur tradisional dipaksain pake string fast flight jadi bahaya karena ujung limbs bisa langsung patah tanpa peringatan.

Intinya semua busur bisa pake string Dacron, tapi tidak semua busur bisa pake Fast Flight. Jadi kalo kamu gak yakin busur punyamu bisa pake Fast Flight atau nggak, ya pake Dacron aja lah biar aman.

Terakhir, rekomendasi merk string. Tentu produsen dan merknya banyak. Tapi hasil baca2 yang paling banyak dipake untuk busur recurve adalah yang berikut ini:

Dacron:
  •     Brownell B50
  •     BCY B55
  •     BCY B500

Fast Flight:
- Bahan dasar Spektra:
  •     Brownell Fast Flight
  •     BCY 652
- Bahan dasar campuran Dyneema dan Vectran:
  •     BCY Dynaflight97
  •     BCY 8125
  •     BCY 8125G
  •     BCY Dyneema-02
  •     Brownell D75
  •     Angel Majesty

* Dacron, Spektra, Dyneema, Vectran adalah nama jenis fiber



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Tong sakalikali dahar sabun colek,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

50 comments:

  1. Om, mau tanya, kalo string ada warna2 lain ga sih? Apa emg cuma hitam putih aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak om.

      Coba cek disini salah satu produsennya:

      http://www.bcyfibers.com/Bowstring.php

      Delete
  2. Kalau untuk busur sekelas cartel sirius plus aman gak ya pake brownell fast flight

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman gan, saya juga pake sirius plus dan string FF.

      Delete
    2. DYNA97 apa trrmasuk Ff? amankah untuk sirius plus?

      Delete
    3. Iya masuk FF. Aman kok, saya juga pake.

      Delete
  3. Harganya kisaran berapa bang azhar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang udah jadi string biasanya kisaran 200rb.

      Delete
  4. Saya liha di tokopedia koq bentuknya masih gulungan ya,,

    ReplyDelete
  5. Kang, nanya dong.. pernah baca di artikel (cuma lupa link-nya), masalah material pengganti untuk string. Di artikel itu bilang, bisa menggunakan benang pancing PE. Pernah tau atau mungkin pernah nyoba itu gak kang..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. PE itu bahannya mirip fast flight, gak melar. Tapi kalo benang pancing jenis PE itu dikepang. Katanya mengurangi kecepatan.

      Saya cuma pake PE untuk serving string. Gak pernah pake sebagai string utama jadi gak tau performancenya.

      Delete
  6. anak ku baru naik kelas 6 sd, busur 66-28 panjang tarikan 22,5 jarak 30 meter dah bagus.. mau naik ke 40 meter jangkauan anak panah gak nyampe sasaran.
    pertanyaannya
    1. apa faktor string nya yang menggunakan darkon bawaan paket busur cartel. dan seberapa pengaruh nya jika ku ganti dengan FF string.
    2. apa karena faktor limb nya yang kurang gedhe lbh nya.?? mohon saran agan surya.
    ni persiapan mau ikutan kualifikasi porprof tapi baru nyampe 30 meter

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kecepatan anak panah bakal bertambah kalo pake fast flight dibanding dacron. Cuma saya belum tau seberapa signifikan.

      2. Iya, kalo mau main 40 meter sebaiknya ditingkatkan lbs limbsnya. Supaya trajektori anak panah tidak terlalu parabolik, nantinya mudah terpengaruh angin. Kalo untuk DL 28inch saya nyaman pake 32lbs. Untuk DL 22,5 mungkin idealnya pake 36lbs. Tapi naiknya perlahan aja jangan dipaksakan.

      Anak panah pake apa? Usahakan jangan yang terlalu berat. Vanesnya juga menurut saya lebih baik yang kecil kalo jarak jauh. Kalo saya pake ukuran 175.

      Delete
    2. anak panahnya pake 1516.. kalau di hitung dari kalkulator yang paling tepat ukuran 1516 dengan panjang 66-68.klikernya sudah anne tambahin dudukan external seperti saran ente waktu itu gan. ... wah kalau pake limb 36 anaknya gak kuat narik gan, masalahnya masih sekolah dasar.

      Delete
    3. Porprov itu mainnya jarak berapa aja? Mau gak mau sih kalo mau main jarak jauh harus DW yang agak berat. Makanya saya bilang bertahap.

      Delete
    4. kabarnya sih 40 meter.. coba dulu ganti string ama naikin 66-30 dulu. terlalu dini ya gan kalau maksain banget.. masalahnya juga wakil ceweknya kekurangan quota. yang smp sma masih bagusan anak saya nembaknya untuk jarak 30 meskipun sekolah dasar. mau gak mau kalau ngisi quota ya anak saya mesti dipaksain main di 40

      Delete
    5. kemaren sikecil coba pinjem limb temen beserta stringnya 68-28 bisa nyampe 50 m visir mentok ke bawah. biasanya dengan limb 66-28 string darcon 40 tidak nyampe.
      logika nya busur anak ku dia bilang lebih berat dari punya temennya karena ukuran lebih pendek. kesimpulan sementara string berpengaruh lebih dari 10 meter.
      masih tanda tanya? apakah limb 68-28 lebih bagus daya lenting nya dari pada limb 66-28 ?? padahal anak ku ngerasa punya temennya yang 68-28 itu lebih enteng.

      Delete
    6. Yang 68/28 itu stringnya apa? FF?

      Tentang perbandingan daya lenting 66 dab 68 saya gak paham. Yang pasti draw weightnya idealnya sama kalo draw length sama.

      Delete
    7. yang 68-28 itu limb ama string nya ff temen dipinjem anak buat nyoba. punya anak ku ukurannya 66-28 beda panjang. karena punya anak lebih pendek otomatis lebih berat. tapi karena stringnya darcon jadi gak nyampe 40. tapi make punya temen itu nyampe. kesimpulannya pengaruh lebih dari 10 meter antara string darcon ama ff. karena punya temen itu lebih panjang limb nya jadi terasa ringan nariknya menurut anak. mungkin anak ku make 68/32 masih kuat narik. btw barusan busur anak tak ganti flas flight nariknya jadi lebih berat dari senar darcon. tapi belum coba buat nembak

      Delete
  7. Hebat.. Sd kuat narik 68/32 pak... Smoga membawa nama harum negara kelak

    ReplyDelete
  8. Mau nanya mas, saya baru ganti limbs sekaligus string (dari 66/24 ke 66/30), cuman string baru saya diameternya gede, jadinya pas dipake nembak pake anak panah lama saya, meluncurnya gak smooth,karena terlalu ketat nock nya menjepit string.. Sedangkan pake string saya yg lama smooth aja meluncurnya..

    Gmn ya ngakalinnya? Atau sya harus ganti string yg lebih kecil?

    Mhon informasinya.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idealnya dikurangin jumlah helainya. Bisa juga ditipisin center servingnya.

      String tebal bisa memperlambat laju anak panah.

      Delete
    2. Oia, bisa juga nocknya diganti sama yang throat nya lebih gede. Kalo pake easton platinum, ada G nock yang large.

      Delete
  9. om, klo BCY 452X bagus ga ya buat standard/recurve bow? hasil googling kok banyak yang mengarahkan ke BCY Dyna97, BCY-X, & Angel Majesty ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pengalaman gonta ganti string jadi gak paham perbedaannya. Kalo menurut kategori semua yang om sebut masuk ke kategori "fast flight", dan semuanya merk bagus. Jadi saya pikir perbedaannya gak begitu signifikan.

      Delete
  10. Kang punteun mau tanya, apakah bisa benang lilitan string di ganti benang sejenis sama benang sol?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benang serving? Bisa. Saya pernah pake benang sol dan benang pancing PE.

      Delete
    2. Iya kang benang serving, untuk benang sol nya ada jenis nya lagi ga kang?

      Delete
    3. Untuk benang pancing pe merek apa kang?

      Delete
    4. Bebas, perhatikan diameternya aja sesuai kebutuhan supaya nocknya pas.

      Delete
    5. Bagus benang pancing pe atau benang sol kang?

      Delete
  11. kang, pengen nanya dong, kalo limb ragim wildcat sama jandao aman pake string ff gak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wildcat rekomendasi pabriknya pake dacron, tapi kawan ada yang pake FF kayaknya gak ada masalah.

      Jandao saya gak tau om.

      Delete
  12. Beli benang bcy di mana ya dan berapa yah

    ReplyDelete
  13. Gmana cara bedain string ff yg asli n kw bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, saya juga gak paham. Kalo masih sama gulungannya sih ada tulisannya. Kalo udah berbentuk string saya gak tau juga.

      Delete
  14. Mau nanya kang Azhar..... Planing mau beli horse bow varian turkishbow bagus gak ya?
    Trus antara model limbs laminasi dg dibalut kulit kira2 bagusan mana?
    Trus tarikan 35lbs balut kulit dg 26 lbs laminasi pada titik full arrow lebih mantap mana?
    Thans

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesungguhnya saya buta kalo horsebow om. Salah kalo nanya ke saya. Hehe...

      Paling cuma bisa komen kalo limbs ditempelin sesuatu semisal kulit, menurut teori kecepatan lecutannya akan berkurang.

      Delete
    2. Ooo.... Githu ya kang, berarti bagusan yg laminasi doank ya tampa sampul kulit.

      Delete
    3. O iya,,, kalau dapat set panah 26lbs,,,, trus pingin dinaikin jadi 35lbs gmn caranya ya,,,, dg memperpendek string bisa gak, atau harus ganti limbs nya?

      Delete
  15. Assalamu'alaikum om... mohon saran ny om string ff yg cocok buat busur Junxing 165 big rock 68/32 tipe apa om dan bgs ny brp ply om... makasih sebelumnya ny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Kayaknya bisa pake "fast flight".

      Ukuran helai string beda2 tiap merk, ada yang tipis macam BCY X, ada yang tebel macam Dynaflight. Yang penting pas di nock aja.

      Yang FF biasanya 18 ply.

      Delete
    2. Makasih infonya om... Sukses selalu...

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.