March 29, 2024

Dacron atau “Fast Flight”? Pilih String Yang Mana Ya?

Bowstring memiliki beberapa sifat utama, diantaranya:

Stretch: Elastisitas bahan, kembali ke bentuk semula. Kayak karet.

Creep: Melar/memanjang tapi gak balik lagi ke bentuk semula.

Abrasion Resistance: Ketahanan terhadap gesekan. Bow string kan terdiri dari beberapa helai/strand/ply. Saat dililit untuk menyesuaikan brace height tentu si string bakal bergesekan.

Durability: Keawetan bahan. Suka liat string yang bentuknya kayak ulat bulu? Nah itu ciri string yang udah layak buang. Semakin awet string, semakin lama itu string jadi ulat bulu.

Noise: Tingkat kebisingan string waktu ditembakin.

Breaking Strength: Berapa tension yang dibutuhkan buat mutusin si string. Satuannya biasanya lbs.

Jaman kadal, bahan string yang dipake adalah bahan alami/natural fibers dari tanaman, binatang, atau mineral. Jaman sekarang udah canggih kali, fibernya udah pake yang sintetik yang punya kekuatan dan sifat2 lain yang lebih bagus daripada yang alami.

Terus Dacron itu apa? Dacron itu sebenernya adalah merk dari fiber polyester keluaran DuPont, nama aslinya adalah Polyethylene Terephthalate. Bahannya punya sifat stretch lebih tinggi dari “fastflight”. Efeknya apa? Karena melar/stretch maka kecepatan si string waktu mendorong arrow jadi sedikit berkurang. Tapi positifnya ujung limbs tempat nempelnya string (limb tips) tidak menerima energi yang tiba2. Dacron juga awet/durability tinggi jadi cocok buat pemula.

Karena sifat stretch diatas, nilai Dynamic Spine busur yang memakai string Dacron juga akan berkurang. Otomatis membutuhkan arrow yang lebih fleksibel (nilai spine/deflection lebih tinggi) dibandingkan dengan busur yang pake string fast flight.

Artikel tentang spine/deflection: https://papatembak.com/2016/06/apa-arti-spine-deflection-pada-arrow-anak-panah.html

Artikel tentang dynamic spine: https://papatembak.com/2016/06/bagaimana-cara-memilih-anak-panah-arrow-yang-tepat-untuk-busur-bow-anda-perkenalkan-dynamic-spine-calculator.html

Sedangkan Fast Flight sebenernya adalah merk string keluaran Brownell. Tingkat stretchnya lebih kecil dari yang berbahan Dacron, yang membuat si arrow/anak panah terbang lebih cepet. Tapi entah kenapa makna dari Fast Flight jadi meluas, semua string modern yang punya nilai stretch kecil biasa disebut string fast flight. Jadi string sekarang dikategorikan jadi 2 kategori besar, yaitu “Dacron” dan “Fast Flight”.

  
String Fast Flight yang originalnya, keluaran Brownell.

Apa yang harus dipertimbangkan saat memilih string antara Dacron atau Fast Flight? Yang utama adalah kemampuan si bow/busur terutama bagian ujung limbs/limb tips untuk menerima beban tiba2 pada saat busur ditembakkan.

Busur modern udah didesain untuk bisa memakai string fast flight, karena ujung limbs udah dilapis bahan yang lebih kuat (biasanya lebih tebel juga). Sedangkan busur tradisional biasanya belum. Kalo busur tradisional dipaksain pake string fast flight jadi bahaya karena ujung limbs bisa langsung patah tanpa peringatan.

Intinya semua busur bisa pake string Dacron, tapi tidak semua busur bisa pake Fast Flight. Jadi kalo kamu gak yakin busur punyamu bisa pake Fast Flight atau nggak, ya pake Dacron aja lah biar aman.

Terakhir, rekomendasi merk string. Tentu produsen dan merknya banyak. Tapi hasil baca2 yang paling banyak dipake untuk busur recurve adalah yang berikut ini:

Dacron:

  •     Brownell B50
  •     BCY B55

Fast Flight:
– Bahan dasar Spektra:

  •     Brownell Fast Flight
  •     BCY 652
– Bahan dasar Dyneema:
  •     BCY Dynaflight97
  •     BCY 8125
  •     BCY Mercury
  •     Angel Majesty

– Bahan dasar Dyneema campur Vectran:

  •     BCY-X
  •     BCY-X99

* Dacron, Spektra, Dyneema, Vectran adalah nama merk fiber

Tong sakalikali dahar sabun colek,
Azhar A. Suryadiningrat

58 thoughts on “Dacron atau “Fast Flight”? Pilih String Yang Mana Ya?

  1. Kang, nanya dong.. pernah baca di artikel (cuma lupa link-nya), masalah material pengganti untuk string. Di artikel itu bilang, bisa menggunakan benang pancing PE. Pernah tau atau mungkin pernah nyoba itu gak kang..??

  2. PE itu bahannya mirip fast flight, gak melar. Tapi kalo benang pancing jenis PE itu dikepang. Katanya mengurangi kecepatan.

    Saya cuma pake PE untuk serving string. Gak pernah pake sebagai string utama jadi gak tau performancenya.

  3. anak ku baru naik kelas 6 sd, busur 66-28 panjang tarikan 22,5 jarak 30 meter dah bagus.. mau naik ke 40 meter jangkauan anak panah gak nyampe sasaran.
    pertanyaannya
    1. apa faktor string nya yang menggunakan darkon bawaan paket busur cartel. dan seberapa pengaruh nya jika ku ganti dengan FF string.
    2. apa karena faktor limb nya yang kurang gedhe lbh nya.?? mohon saran agan surya.
    ni persiapan mau ikutan kualifikasi porprof tapi baru nyampe 30 meter

  4. 1. Kecepatan anak panah bakal bertambah kalo pake fast flight dibanding dacron. Cuma saya belum tau seberapa signifikan.

    2. Iya, kalo mau main 40 meter sebaiknya ditingkatkan lbs limbsnya. Supaya trajektori anak panah tidak terlalu parabolik, nantinya mudah terpengaruh angin. Kalo untuk DL 28inch saya nyaman pake 32lbs. Untuk DL 22,5 mungkin idealnya pake 36lbs. Tapi naiknya perlahan aja jangan dipaksakan.

    Anak panah pake apa? Usahakan jangan yang terlalu berat. Vanesnya juga menurut saya lebih baik yang kecil kalo jarak jauh. Kalo saya pake ukuran 175.

  5. anak panahnya pake 1516.. kalau di hitung dari kalkulator yang paling tepat ukuran 1516 dengan panjang 66-68.klikernya sudah anne tambahin dudukan external seperti saran ente waktu itu gan. … wah kalau pake limb 36 anaknya gak kuat narik gan, masalahnya masih sekolah dasar.

  6. kabarnya sih 40 meter.. coba dulu ganti string ama naikin 66-30 dulu. terlalu dini ya gan kalau maksain banget.. masalahnya juga wakil ceweknya kekurangan quota. yang smp sma masih bagusan anak saya nembaknya untuk jarak 30 meskipun sekolah dasar. mau gak mau kalau ngisi quota ya anak saya mesti dipaksain main di 40

  7. kemaren sikecil coba pinjem limb temen beserta stringnya 68-28 bisa nyampe 50 m visir mentok ke bawah. biasanya dengan limb 66-28 string darcon 40 tidak nyampe.
    logika nya busur anak ku dia bilang lebih berat dari punya temennya karena ukuran lebih pendek. kesimpulan sementara string berpengaruh lebih dari 10 meter.
    masih tanda tanya? apakah limb 68-28 lebih bagus daya lenting nya dari pada limb 66-28 ?? padahal anak ku ngerasa punya temennya yang 68-28 itu lebih enteng.

  8. yang 68-28 itu limb ama string nya ff temen dipinjem anak buat nyoba. punya anak ku ukurannya 66-28 beda panjang. karena punya anak lebih pendek otomatis lebih berat. tapi karena stringnya darcon jadi gak nyampe 40. tapi make punya temen itu nyampe. kesimpulannya pengaruh lebih dari 10 meter antara string darcon ama ff. karena punya temen itu lebih panjang limb nya jadi terasa ringan nariknya menurut anak. mungkin anak ku make 68/32 masih kuat narik. btw barusan busur anak tak ganti flas flight nariknya jadi lebih berat dari senar darcon. tapi belum coba buat nembak

  9. Mau nanya mas, saya baru ganti limbs sekaligus string (dari 66/24 ke 66/30), cuman string baru saya diameternya gede, jadinya pas dipake nembak pake anak panah lama saya, meluncurnya gak smooth,karena terlalu ketat nock nya menjepit string.. Sedangkan pake string saya yg lama smooth aja meluncurnya..

    Gmn ya ngakalinnya? Atau sya harus ganti string yg lebih kecil?

    Mhon informasinya.. Terimakasih

  10. Saya belum pengalaman gonta ganti string jadi gak paham perbedaannya. Kalo menurut kategori semua yang om sebut masuk ke kategori "fast flight", dan semuanya merk bagus. Jadi saya pikir perbedaannya gak begitu signifikan.

  11. Mau nanya kang Azhar….. Planing mau beli horse bow varian turkishbow bagus gak ya?
    Trus antara model limbs laminasi dg dibalut kulit kira2 bagusan mana?
    Trus tarikan 35lbs balut kulit dg 26 lbs laminasi pada titik full arrow lebih mantap mana?
    Thans

  12. Sesungguhnya saya buta kalo horsebow om. Salah kalo nanya ke saya. Hehe…

    Paling cuma bisa komen kalo limbs ditempelin sesuatu semisal kulit, menurut teori kecepatan lecutannya akan berkurang.

  13. O iya,,, kalau dapat set panah 26lbs,,,, trus pingin dinaikin jadi 35lbs gmn caranya ya,,,, dg memperpendek string bisa gak, atau harus ganti limbs nya?

  14. Assalamu'alaikum om… mohon saran ny om string ff yg cocok buat busur Junxing 165 big rock 68/32 tipe apa om dan bgs ny brp ply om… makasih sebelumnya ny.

  15. Waalaikumsalam. Kayaknya bisa pake "fast flight".

    Ukuran helai string beda2 tiap merk, ada yang tipis macam BCY X, ada yang tebel macam Dynaflight. Yang penting pas di nock aja.

    Yang FF biasanya 18 ply.

    1. Bisa pake ff string..kerna limb junxing reinforced limb tip nya..string asal junxing adalah material dyneema low stretch, lo2 creep..maka busur junxing bisa pake string fast flight, saya sendiri pun pake D97 untuk busur F158 junxing. Tipnya reinforced jadi aman untuk pake low stretch string(fast flight, D97 dn lain2)

  16. Salam..mau tanya..apa benar ada sgelintir ckp jika guna limb bamboo recurve ilf, tidak sesuai guna fast flight..apa ia benar? Atau boleh saja pakai string fast flight di limbs moden, x kira wood core, bamboo core, foam core atau carbon..minta pjelasan ya..tq..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *