Toko Papatembak

Efek Mata Dominan (Eye dominance) bagi Pemanah

Pemanah sebelah kiri: right handed/kanan, yang megang busur tangan kiri, yang narik string tangan kanan.
Pemanah sebelah kanan: left handed/kidal, yang megang busur tangan kanan, yang narik string tangan kiri.


Saya adalah seorang pemanah kidal. Sering sekali saya ditanya kenapa memanahnya kok kidal, terutama sama orang2 deket. Karena mereka tau kalo saya makan, nulis, dan aktifitas lain saya biasanya pake tangan kanan.

Jawabannya: EYE DOMINANCE

Umumnya orang yang dominan menggunakan tangan kanan maka mata yang dominan juga yang kanan, dan sebaliknya. Tapi banyak juga yang CROSS DOMINANCE, artinya tangan dan mata yang dominan tidak di sisi yang sama. Misal dalam kasus saya tangan dominan kanan tapi mata dominan kiri.

Mata dominan maksudnya walaupun kita punya 2 mata yang sama2 berfungsi dengan baik, otak kita bakal memilih salah satu untuk jadi informasi yang utama/fokus. Dan mata yang satunya buat peripheral/referensi tambahan.

Masalahnya dimana? Dalam olah raga panahan kan harus membidik. Teknik memanah right handed/kanan mengharuskan membidik dengan mata kanan, yaitu mata yang berada tepat diatas anak panah. Kalo memanah teknik kanan tapi membidik pake mata kiri nantinya antara anak panah, mata, fisir, dan target gak akan lurus. Yang nantinya bakal bikin anak panah melenceng jauh.

Itu yang saya alamin sebulan pertama mulai memanah. Namanya gak tau ya langsung aja pake yang right handed. Klub tempat saya pertama latihan juga gak punya set alat kidal karena belum pernah ada pemanah kidal disana. Alhasil pas latihan arrow saya sering miss. Padahal rajin banget loh saya latihan, namanya juga hobi baru. Tapi masih sering miss aja. Padahal targetnya gede, deket pula jaraknya. Eh arrownya nancep bantalan aja kagak. Pas ngebidik si fisir keliatannya pindah2 gitu, loncat kanan kiri gak jelas. Karena penasaran akhirnya saya browsing2 dan akhirnya menemukan tentang mata dominan ini.

Kalian yang gak cross dominance sih asik aja. Tapi gimana dengan orang yang sama kayak saya? Katanya ada 2 alternatif. Ngelatih mata atau ngelatih tangan.

1. Ngelatih mata

Buat yang ngerasa lebih nyaman pake teknik right handed/kanan padahal matanya dominan kiri bisa diatasi dengan menutup mata kirinya atau dikasih gangguan/distorsi sedikit. Misal dengan pake kacamata yang dikasih selotip biar agak ngeblur, atau mata dominannya ditutup tapi gak ditutup penuh.

Kacamata dikasih distorsi di bagian mata dominan biar mata dominannya ngeblur.

Mata sebelah kiri dikasih lensa yang gelap biar gak mengganggu proses membidik.

Mata dominan ditutup sebagian atau seluruhnya.

2. Ngelatih tangan

Cara kedua ya ganti pake busur dan teknik kidal, siap2 karena pasti gak nyaman pada awalnya. Tapi jangan langsung nyerah dan balik ke busur kanan. Coba dulu untuk beberapa lama, katakanlah 1-2 minggu. Kalo masih gak nyaman juga baru balik pake kanan.

Sekedar gambaran, spesifik untuk kasus saya pribadi. Karena gerakan panahan gak begitu kompleks, setelah 1-2 minggu saya mulai terbiasa pake kidal dan bahkan merasa lebih nyaman dibanding sebelumnya pake kanan. Saya balik nyobain busur kanan jadinya malah gak karuan. Kirain bakal bisa dua2nya. hahaha...

Ingat, kasusmu mungkin beda. Jadi buat para cross dominance diluar sana, kalian harus coba dulu keduanya (pinjem), baru putuskan mau pake kanan atau kidal. Ini keputusan besar, harus bener2 diresapi dan dirasakan mana yang lebih nyaman. Kalo ntar udah beli 1 set ternyata gak nyaman kan rugi bandar.

Kalo mau jadi kidal juga harus siap mental, cari barang panahan kidal itu gak gampang. Kayak riser, fisir, fingertab, chest guard, dan quiver. Jarang yang jual. Selain itu kalo berdiri di shooting line harus hadep2an sama tetangga. Dan yang paling asem adalah kalo difoto di shooting line kebanyakan tampak punggung. Hahaha. Tapi enak loh selalu jadi bintang, orang gampang ngingetnya, gampang juga nyarinya. "Oh yang kidal itu ya?".



Nah sekarang yang paling penting: gimana cara tau mata mana yang dominan? Cek gambar dibawah ini:




Posisikan tangan lurus kedepan dengan telapak tangan seperti di gambar. Dengan kedua mata dibuka, cari objek yang jaraknya kira2 5-10 meter didepan, lalu posisikan objek tersebut di lubang antara kedua telapak tangan. Setelah itu coba tutup salah satu mata. Kalo masih keliatan objeknya berarti mata yang terbuka itu yang dominan.

Kalo kesulitan nutup satu mata, atau misal mau ngetes anak kecil. Suruh satu orang asisten buat berdiri 5-10 meter didepan orang yang mau dites. Lalu orang yang mau dites suruh membidik dengan kedua mata terbuka ke arah wajah asisten tadi. Kalo mata yang keliatan sama asisten adalah mata kanan berarti orang yang dites dominan mata kanan, dan sebaliknya.


Ini adalah contoh orang ganteng yang matanya dominan kiri. Saat si ganteng membidik ke arah wajah asisten, mata si ganteng yang keliatan oleh asisten adalah mata kiri.

Oia, Ada juga orang yang sebenarnya cross dominance, tapi mengaku gak ada masalah dalam membidik walau bukan pake mata dominannya, dan mata dominan gak ditutup. Yah, kembali lagi ke orangnya enakan gimana. Yang penting dalam olahraga panahan adalah konsistensi. Terserah mau pake kanan atau kiri yang penting bisa konsisten dalam setiap tembakan.


CATATAN PENTING:


Barusan saya baca status Facebook seseorang kayak begini:


Siapa yang posting dan daerah mana yang dimaksud itu gak penting. Seketika saya ingat saya pernah nulis tentang eye dominance. Dan langsung khawatir jangan2 tulisan saya juga telah membuat orang salah paham. Karena itu saya edit artikel ini dan memberi penegasan.

Menurut saya, yang paling penting dalam panahan adalah konsistensi. Dan untuk mencapai konsistensi dibutuhkan kenyamanan. Jadi tidak baik kalo ada paksaan dari pelatih atau dari siapapun yang membuat si pemanah jadi tidak nyaman dalam memanah.

Dalam hal eye dominance, seorang pemanah mesti tau dirinya punya mata dominan yang mana. Untuk selanjutnya dipikirkan gimana jalan keluarnya kalo seandainya cross dominance. Coba keduanya, kanan dan kidal. Mana yang kamu rasa lebih nyaman itu yang kamu pilih.

Terakhir, buat nambah2 bingung saya share postingan saya di grup Barebow internasional. Mereka pun jawabnya beragam. Sebagian pilih mata, sebagian pilih tangan. Translate sendiri yah, males. :D



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Geus sakitu hungkul,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

58 comments:

  1. Terbukti gan....
    setelah mencoba, ketahuan klo mata yang dominannya sebelah kanan, sama dengan penggunaan dominasi tangan

    ReplyDelete
  2. waaahhhhh ini webnya mas azhar ya ..... kece badai ... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih blog, belum website. :D

      Mbak Yenny di Balikpapan bukan?

      Delete
    2. Ah ternyata kamuuuuuu... :D

      Dadah yenny aku mau mudik gak balik lagi. :P

      Delete
  3. Wah, makasih ilmunya gan. Baru tau kalo saya ternyata cross dominance. Biasa pake tangan kanan tp mata dominan sebelah kiri, padahal alat panahannya terlanjur punya yg kanan semua T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senasib...

      Tenang gan, coba dulu aja pake kanan dengan satu mata ditutup. Kalo nyaman bisa dilanjut.

      Delete
  4. Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh,
    Kang saya andi dominan kiri, baru main kmarin, klo nyari perlengkapan kiri dimana ya, mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam...

      Udah mantap mau pake set kidal? Udah coba pake set kanan?

      Ini keputusan besar menurut saya. Coba dulu pake kanan, pinjem dulu. Kalo bener2 gak nyaman terutama pas bidik baru bisa pertimbangkan yang kidal.

      Saya beli barang2nya gak satu tempat. Karena jarang yang punya. Riser dulu saya beli dari vieneth bandung.

      Delete
    2. Kmarin awal latihan dikasih kanan,pake horse bow 20lbs,jarak 5m. masih nyaman aja sih pake kanan, apa tunggu jaraknya dijauhin dulu ato latihan sebulan baru ambil keputusan? Oh iya (28" sampe 30" = 68" atau 70") angka 68" atau 70" ini maksudnya apa yah.
      Barakallahu fiik

      Delete
    3. Horse bow yg dipasang arrow rest

      Delete
    4. Itu maksudnya ukuran panjang busur. Untuk busur recurve/standard bow yang pake olympic style. Panjang busur disesuaikan dengan panjang rentang tangan.

      Kalo pake horsebow dengan metode membidik instictive sih eye dominant mungkin gak begitu kerasa.

      Pengalaman saya eye dominance kerasa bangetnya di busur yang pake fisir.

      Jadi kalo mau pake horsebow apalagi ngejar fast shooting sih mending pake tangan dominan.

      Delete
    5. Oia, berhubung pakenya horsebow coba aja tuker pake gaya kidal. Jadi bisa ngerasain bedanya sebelum memutuskan mau kanan atau kidal.

      Delete
    6. Harus order dulu, soalnya di tempat latihan belum ada busur yg kidal.
      Tnya lagi kang(punteun bnyak tanya)
      https://www.tokopedia.com/gabusurpanahmura/60-wooden-recurve-bow-rucikafiber-busur-panah-archery
      Ini rekomended gk menurut akang soalnya n harganya murah bgt. Trus gk bisa mampir ke tokonya padahal domisilnya di bandung kan enak bisa milih milih. Tapi sih reputasinya gold merchan. Kumaha tah??mohon sarannya

      Delete
    7. Hmm, tergantung rencana pemakaiannya. Kalo untuk rekreasi atau coba2 ini produknya udah cukup mumpuni. Tapi kalo orientasinya lebih serius saya sarankan pake standard bow aja, supaya nanti kalo upgrade ke recurve lebih mudah penyesuaiannya. Harganya lebih mahal tapi daya jual kembalinya cukup tinggi.

      Delete
  5. Klo buat latihan kurang brarti yah, ngawalan maksudnya mah buat latihan di rumah, di tempat latihan juga jual horse bow pvc 250rb yg di pasang arrow rest. Mending beli horse bow, yg td, apa tetep nunggu ke kumpul tabungan supaya kebeli standar bow,

    Ia kang klo panjang string tuh beda beda ukuran panjangnya gak sih untuk tiap draw weight nya? Klo diliat belum ada artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sama sekali belum punya sih beli yang murah dulu gapapa. Menumbuhkan kecintaan sama panahannya dulu. Ntar kalo udah cinta mah mahal juga kerasa murah. Hahaha...

      Panjang string dipengaruhi sama panjang busur. Kalo panjang busur sama, mau draw weight berapapun panjang string tetap sama.

      Delete
    2. Makasi nih atas tambahan ilmunya, rajin latihan dulu supaya tekniknya bener, biar gak pada biru nih tangan..

      Ditunggu artikel terbarunya kang

      Wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh

      Delete
    3. Siap, sama2...

      Kalo masih kejepret biasanya karena gripnya terlalu dalam atau siku belum lurus atau juga releasenya masih kaku.

      Belum sempet nulis lagi, masih sibuk. Hehe...

      Waalaikumsalam.

      Delete
  6. assalamualaykum kang,, sory mampir bertanya lagi
    Set kiri teh apa aja yah selain yg akang sebutin
    (riser, fisir, fingertab, chest guard, quiver, dll( dan lain lain nya teh apa?)

    Dah siyap belanja nih, bulanndepan ada kompetisi pemula di kota metro lampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya itu aja. Saya tambahin dll karena takut ada yang lupa. Hahaha...

      Hmm, sebulan ya persiapannya. Semoga sempet.

      Delete
  7. Kang, knapa di kompetisi kang azhar pake limb 24lbs dijarak 20meteran
    Knapa gak yg pake 32lbs aja sekalian.
    Apa pengaruh dan perbedaannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya saya punya yang 24lbs buat latihan teknik. Supaya bisa nembak ratusan arrow sebelum merasa capek. Jadi latihan lebih banyak porsinya.

      Dipake di kompetisi pun sama alasannya, biar gak cepet capek. Somehow kalo pertandingan jumlah arrow lebih sedikit dari latihan juga rasanya lebih capek. Kalo capek otomatis akurasi berkurang.

      Delete
  8. Oke nuhun kang, jd saya bisa ambil keputuan mau beli ,limb yg brp lbs

    ReplyDelete
  9. permisi kang mau nnya, saya masih pemula nih dari dunia panah2an baru nyemplung 1 minggu udahan. kemarin pas baru mulai masih pake right handed bow buat belajar basic, karena masih penasaran dan belum puas akhirnya nyari2 eh ternyata dapet info masalah eye dominance dari blog akang, eh ternyata eye dominancenya kiri. kira2 saya langsung latihan left handed atau basicnya dulu dari right handed? ada rencana mau beli yg standart bow, tp ga nemu buat yg left handed, akang ada saran beli nya dimana? makasih kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya coba dulu yang set kanan beberapa lama, mungkin kisaran 2 minggu. Tutup mata kirinya sedikit atau keseluruhan.

      Masalahnya muncul pas nanti membidik pake fisir. Jadi coba dulu set kanan sampe pake fisir.

      Ini keputusan besar. Jadi harus hati2 memilih. Kalo maksa pake kanan masalahnya pas bidik, kalo pindah ke kiri nanti masalahnya di release yang susah halus. Kalo pake set kidal nanti pegang busurnya lebih stabil karena tangan kanan lebih kuat, tapi nariknya yang jadi lemah. Semua ada konsekuensinya. Silahkan dirasa bener2 dulu yang set kanan. Kalo setelah beberapa lama juga tetep gak nyaman baru pindah ke kidal.

      Dulu saya dapet risernya di Vieneth. Kalo temen saya yang kidal juga milih import sendiri biar banyak pilihan. Harganya kurang lebih aja, cuma kalo import sendiri nunggunya yang lama.

      Delete
  10. Assalamualaikum...
    sebelumnya salam kenal Mas Azhar...
    Alhamdulillah ketemu blognya akhirnya bisa menambah wawasan tentang panahan karena penjelasannya cukup komplit....
    saya dominan kiri, tapi dari kecil nulis pake tangan kanan, makan nanti udah kuliah baru pindah pake tangan kiri krana hadistnya melarang makan pake tangan kiri....
    sudah coba test mata saya dominan kiri.
    pertanyaannya apa perlu sya coba set kanan atau gimana...
    karena pertimbangannya susah dicari peralatan dan asesories untuk tangan kiri.. terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Makasih udah baca2 blog saya.

      Jawaban saya masih sama dengan jawaban diatas komen ini.

      Coba dulu keduanya set kanan dan kiri kalo memungkinkan. Mana yang nyaman itu yang dipake.

      Atau minimal pake set kanan dulu beberapa lama. Kalo ternyata gak nyaman baru coba set kiri. Nanti dibandingkan.

      Sulit cari barang mah udah pasti. Tapi rata2 seller sekarang suka buka PO. Bisa pilih sesuai kebutuhan kita. Atau mau import sendiri juga gak susah, cuma lama aja datangnya.

      Delete
  11. Kak, misal untuk orang minus belajar panahan cocok nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok aja, banyak kok pemake kacamata yang main panahan.

      Delete
  12. Assalamulaikum Mas Azhar, saya udah dapet riser yg kidal, namun belum nemu fisir yg kidal, kalau beli sendiri dari luar nengri, apa referensi toko online nya, dan gimana prosedur belajanya (pajak dan ongkos kirim)
    Kalau perlu buat artikel ttg cara beli dari toko online luar negeri
    Syukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      Temen saya kemaren2 beli dari ebay, ada juga dari alternativess. Prosedurnya saya kurang paham. Pokoknya pembelian diatas sekian nanti kena pajak.

      Kalo ada di indo mending beli di indo aja. Importir biasanya beli langsung banyak jadi dapat murah. Kalo import satuan kadang malah lebih mahal jatohnya daripada yang lokal.

      Delete
  13. Assalamualaikum wr.wb Mas Azhar,

    Salam kenal mas, saya baru2 ini giat mencari referensi ilmu panahan.

    Saya tertarik dengan ilmu panahan, kemarin sudah coba di club lokal tempat saya, 20.000 untuk coba panah dengan 9 anak panah, hehe. Karna saya belum pernah melakukan panahan

    Alhamdulillah, dari sekian banyak referensi yang didapat di internet, referensi dari mas azhar yang paling sangat jelas dan bermanfaat sekali.

    Bisa izin copas referensi di blog ini ke word mas, untuk nanti saya simpan dan tentu juga dengan mencantumkan profil mas dan alamat referensi blog.

    Saran aja mas, untuk menjadi youtuber, buat video tentang panahan, pasti banyak followernya :)

    Dari test eye dominance, ternyata saya cross dominance, tidak diduga, hahaha.

    terima kasih sebelumnya
    wasslamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  14. Wa'alaikumsalam...

    Silahkan aja mas kalo berguna. Hehe...

    Ini nulis aja susah cari waktunya, apalagi bikin video. Hiks...

    Nah, selamat berjuang. Kalo cross biasanya ada sedikit hambatan. Semoga sukses mas.

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum Kang.
    Saya tahu tuh statusnya sapa :D

    ReplyDelete
  16. Mas anak sy pernah divonis lazy eyes. Tp selama ini memanahnya tdk ada masalah. Sering kena bagian kuning juga. Kl lazy eyes jg yg dominan salah satu mata saja ya. Apkh mata dominan ini yg dimakaud adl lazy eyes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya lazy eyes itu gangguan penglihatan. Kalo eye dominance itu matanya keduanya berfungsi baik, cuma otak memilih salah satu untuk fokus. Terjadi di semua orang yang punya dua mata normal.

      Saya pikir panahan olah raga yang baik untuk melatih fokus mata. Pilihan tepat!

      Delete
  17. Assalamualaikum kang ane tertarik sama panahan tapi Bingung disini gak ada club panahan, ane jga cross dominance, kalo mau beli busur buat pemula enaknya yang apa kang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Emang posisi dimana?

      Seleranya busur kayak gimana? Kalo standard bow saya menyarankan merk Cartel Sirius Plus.

      Delete
    2. Ane domisili lampung selatan. Kalo yang cartel sirius plus itu mudah cari yang kidal. Ane suka buru dihutan pakai senapan, ane makai senapan pakai kidal. Kalo panahan yang spec buat buru kyak gimana kang.

      Delete
    3. Cari sammick sage, itu busur berburu. Lebih pendek busurnya dan draw weight sampe 60lbs kalo gak salah.

      Delete
    4. Itu tipe horsebow apa standarbow
      kang
      Dimana ane bisa dapetin kalo online

      Delete
    5. Bentuknya mirip standard bow. Liat google aja.

      Dulu ada yang jual di tokopedia. Gak tau sekarang. Paling import sendiri.

      Delete
    6. Iya ane udah liat, ane mau tanya lagi kang untuk pertama latihan apa gak keberatan langsung Pakek busur 40lbs kang. Kalo ane liat latihan itu ningkat" busurnya ya kang

      Delete
    7. Baiknya kalo latihan teknik pake busur lbs rendah dulu om. Naikin dikit2 kalo udah nyaman. Tapi kalo buat berburu ya harus yang berat.

      Kalo saya latihan teknik pakenya 24 lbs aja.

      Delete
  18. Salam kenal kang. saya sdh mencoba panahan lebih dari 6 kali pertemuan (dalam 3 minggu). dan baru tau bahwa saya cross dominance mata kiri bbrp hari yg lalu. syok jg karena sebelumnya udh niat mau beli busur dan lain2 (skrng masih pinjem punya club kantor. hehehe), jadi buyar pas nyari riser kidal.
    mau nanya kang, pas kang azhar pindah ke kiri/kidal apa diturunin draw weight nya atau tetap sama saat pegang kanan kang?
    sy kanan pakai 24.
    oya kang sf optimo sama cartel sirius plus, enakan mana dipakainya kang?
    Terim kasih sebelumnya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Saran saya mau kanan atau kiri kalo pemula pake yang ringan. 20-24 cukup.

      Coba pake kanan dulu sampe sebulanan, kalo gak nyaman baru coba kiri. Sekarang udah gampang cari riser kiri.

      Saya pilih cartel. Teruji terpercaya. :D

      Delete
    2. sipp. terima kasih banyak kang atas jawabannya.:D

      Delete
  19. salam kenal kang.
    saya udah terlanjur beli right bow cartel. isunya cross dominance ini sulit atau buruk utk aiming target. kondisi di club gk ada left bow buat nyobain. apa bisa nyoba kidal pakai horsebow saja kang?

    misal mau ganti kidal, yg diganti riser aja kan ya? limbs tetap bisa dipakai.

    selain riser ketika ganti dari kanan ke kiri. accesoris apa saja yg harus diganti kang? riser, fingertab, quiver apa lagi kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga.

      Udah coba berapa lama pake kanan? Bener2 gak nyaman?

      Kalo pake horsebow beda feelnya.

      Saran saya coba dulu kanan beberapa lama, kalo udah yakin gak nyaman baru coba jual atau tukar tambah riser kanannya.

      Yang utama riser sama tab. Yang lain masih bisa dipake walau secara estetik agak kurang.

      Delete
    2. Maksud saya kayak fisir dan quiver masih bisa pake set kanan tapi dibalik.

      Kalo limbs dan string emang sama aja.

      Delete
    3. nyaman2 aja sih om. jujur baru sebulanan geluti panah kang. cuma memang gk tepat target(mgkn efek teknik blm konsisten juga). mata nya lompat2 pas aiming. saya sebenarnya bisa menutup mata kiri sembari bidik tp tak baca2 katanya klo mau aiming itu mata harus buka2 nya.

      baca2 artikel luar sih mereka manah itu nurutin eye dominance walau ada juga atlit Olimpiade cross dominance to sukses. galau nya saya apa mumpung masih newbie,jual aja set kanan ini beli set kidal.

      Delete
    4. Saya cuma ingatkan bahwa ini adalah keputusan besar. Mesti diputuskan dengan hati2 supaya efektif.

      Membidik dengan satu mata bukan hal tabu, banyak yang melakukan dan banyak yang hasilnya bagus.

      Kalo saya pribadi gak nyaman nutup satu mata makanya pindah tangan.

      Delete
  20. Kang, saya sdh coba. Begitu saya tutup sebelah mata sebelah kiri pandangan masih lurus, pas saya tutup sebelah kanan langsung objek ilang. Apakah sudah benar cara saya? Berati saya dominan kanan kan ya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.