Toko Papatembak

Panjang Tarikan/Draw Length Saya Berapa Sih? Gini Cara Taunya.

Panjang tarikan/draw length itu ada 2 macem:

1. Panjang tarikan hasil itung2an (calculated draw length)

Gini cara ngitungnya: Bentangkan tangan kayak mau senam SKJ, telapak tangan dibuka maksimal dan ngadep depan. Rileks aja yah, biar pengukurannya bener. Kasih tanda ujung sampe ujungnya, terus ukur dalam satuan inch. Hasil ukurnya bagi 2,5. Bulatkan ke setengah inch terdekat.


Contoh:
Panjang rentang tangan saya 172 cm = 67,7 inch.
67,7 inch : 2,5 = 27,08 inch. Dibulatkan ke 0,5 inch terdekat = 27 inch.

Dari hasil perhitungan ini kita udah bisa pilih ukuran bow ideal buat kita pake (olympic style recurve bow, standard bow juga sama):

14" sampe 16" = 48"
17" sampe 20" = 54"
20" sampe 22" = 58"
22" sampe 24" = 62"
24" sampe 26" = 64" atau 66"
26" sampe 28" = 66" atau 68"
28" sampe 30" = 68" atau 70"
31" keatas = 70" atau 72"
*keterangan: angka di sebelah kiri adalah angka hasil perhitungan diatas, angka sebelah kanan adalah panjang busur yang dibutuhkan.

Untuk mendapatkan kombinasi ukuran riser dan limbs yang tepat bisa liat disini: http://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/arti-spesifikasi-limbs-standard-bow.html

Lebih bagus lagi pilih bow berdasarkan panjang tarikan aktual sih (dijelasin dibawah ini), tapi biasanya pemanah nubie actual draw length yang optimalnya belum tercapai, karena narik bownya juga masih kerasa berat atau tekniknya belum bener. Biasanya lama2 actual draw lengthnya nambah. Jadi ya pake calculated draw length juga udah cukup.

Saya sendiri menurut itung2an draw length saya 27 inch, actual draw length waktu awal mulai memanah juga 27 inch. Sekarang setelah terbiasa sama berat tarikan/draw weight busur, actual draw length saya jadi 28 inch.

2. Panjang tarikan aktual/actual draw length (menurut standar AMO/ATA)

Menurut standar AMO (Archery Manufacturers Organization) yang sekarang udah ganti nama jadi ATA (Archery Trade Association), actual draw length adalah:

Jarak saat full draw/anchor, dari cekungan nock (nock grove) ke titik terdalam handle/riser (pivot point) ditambah 1,75 inch.


Yang namanya cekungan nock 

Jarak dari nock grove ke pivot point disebut Draw Length Pivot Point (DLPP)
DLPP + 1.75 inch = Actual Draw Length

Ngukurnya bisa dilakukan dengan 2 cara. Keduanya pake arrow yang agak panjang. Ya minimal 2 inch lebih panjang lah dari calculated draw length hasil ngitung tadi.
  • Cara pertama, tarik busur sampe anchor dengan teknik yang benar kayak gambar diatas ini. Terus suruh temen nandain arrownya pake spidol 1,75 inch dari pivot point. Pivot point biasanya sejajar sama lubang plunger atau arrow rest. Tapi susah kan kalo harus ngukur2 dulu? Apalagi tangan si Archer udah gemeteran nahan beban, haha... Untungnya busur recurve modern biasanya udah dipermudah, jarak pivot point dan pinggiran riser dibikin pas 1,75 inch. Jadi nandain spidolnya pas di ujung handle/riser aja, Ulangi beberapa kali, cari yang paling konsisten sebelah mana. Karena biasanya suka berubah dikit2.
  • Kalo gak punya temen (kasian banget sih idup sendiri) bisa dilakukan sendiri juga. Cari kertas yang agak tebel atau kardus bekas Indomie, terus tancepin di arrownya sampe 1/3 panjang arrow lah kira2. Tarik busur sampe anchor, biarin si kardus kegeser sama pinggiran riser. Abis itu ukur arrownya dari cekungan nock sampe si kardus tadi. Beti2 lah sama pengukuran cara pertama.
Kalo teknik kita udah konsisten, boleh dipotong tuh arrow supaya enak pake clickernya.



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Lapar tapi rek meuli dahar teh ngadon hujan,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

27 comments:

  1. pak, mau nanya lagi ya...
    setelah saya itung, calculated draw length saya 26,76", berarti masuk yang 26" sampe 28" = 66" atau 68"....
    lha, bagusnya saya ambil yang 66" ato 68"?

    mohon saran nya...
    makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya gak masalah mau pake 66 atau 68 pun. Tapi pengalaman saya, kalo suatu saat om mau jual, barter, atau tukar tambah agak susah kalo 66. Banyakan orang yang pake 68. Jadi menurut saya mending pake 68 aja.

      Delete
  2. Kang sy dapat hitung²anya 25",,jadi kira² sy bagusnya pakai 64 atau 66 ? Kalo buat pemula draw weightnya 28lbs keberatan ga kang ? Hatur nhun sateuacana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya saranin pake 66 aja. Kalo yang 64 risernya harus ganti. Ukurannya gak umum. Salah satu efeknya nanti kalo mau jual agak susah.

      Masalah draw weight biasanya saya saranin 24lbs. Tapi karena om draw length nya pendek jadi pake yang 28 juga gapapa. Karena nanti aktualnya bakal kurang dari 28lbs.

      Bisa dibaca disini artikelnya: http://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/perubahan-berat-tarikan-draw-weight.html?m=1

      Oia, kalo butuh peralatan panahannya boleh hubungi saya di WA 081321041212.

      Mau tanya2 doang atau konsultasi lebih lanjut juga boleh.

      Delete
  3. Mau nanya, draw lenght saya 29"( (185 cm:2.54): 2.5)
    Kira kira pake busur yang berapa lbs ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung nyamannya berapa. Idealnya nyoba dulu mana yang gak berat.

      Biasanya 24lbs kebawah kalo pemula.

      Delete
  4. Terus pake ukuran arrow yang berapa kalau yang karbon, panjang arrow enak yangv81 cm atau berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panjangnya minimal 1-2 inch diatas calculated draw length.

      Karbon biasanya dijual yang spine rendah (kaku, biasanya 500). Kurang cocok buat busur draw weight rendah.

      Delete

  5. Owh iya, terima atas artikel artikel nya yang sangat bermanfaat,

    ReplyDelete
  6. Menurut abang, bagusan mana sih, cartel sirius plus atau sf optimo+
    Dari sisi kenyamanan dan ke awetan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah pake optimo. Dari awal sampe sekarang pake cartel sirius dan belum pernah kecewa.

      Delete
  7. Kang, Kenapa di hunting bow panjang busur pendek2..apa gak butuh cara2 diatas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknik yang dipake beda. Dan agak ribet kalo berburu bawa busur panjang. Jadi desainnya pendek2 tapi draw weight berat.

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Kang panjang draw lenght saya 28", tinggi sya 176 cm, saya biasanya pakai busur 70", tapi saya pengen beli busur yg saya suka dan kebetulan ukurannya adanya 68" aja kang, gak papa kah? Masih masuk gak kang? Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah pake busur 68? Kalo saya berprinsip bahwa panahan itu harus senyaman mungkin. Tulisan diatas cuma tuntunan standar, kebanyakan orang biasanya cocok. Kalo lebih nyaman pake yang lain ya silahkan. Lagian 68 masih masuk sih kalo draw length 28". Saya juga DLnya 28" dan pake 68.

      Delete
    2. Dulu awal2 saya latihan memanah itu di klub busurnya pakai 68" semua kang, saya sih ngerasa enjoy2 aja ya hehehe, paling agak kawatir usia limbs nya jadi berkurang atau lebih cepat "lembek" karena efek ketarik lebih panjang aja ya kang?

      Delete
    3. Hmm, saya pikir gak masalah sih selama yang pakenya satu orang aja, gak dipinjem2in. Nariknya kan segitu2 aja. Busur 66, 68, dan 70 kan spesifikasi berat tarikannya sama2 di DL 28 inch.

      Delete
  10. mas tolong, sy pengen punya bow. sama sekali blm prnh megang atau latihan. sy lihat di intrnt ada compound bow dgn tulisan 20-70 lbs. itu maksudnya bisa disetel ya mas? mungkin kisaran 25 lbs utk pemula?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Compound saya kurang begitu paham. Tapi biasanya emang range DWnya yang bisa disetel agak jauh. Agak berat pun kayaknya gak masalah karena ada fitur let off nya. Pas anchor jadi lebih ringan.

      Delete
  11. kang.. apa efeknya klo arrownya kepanjangan (lebih dari DLPP + 1.75")? maklum gan, arrownya di pake rame2.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arrow jadi lebih berat, dan lebih mudah terpengaruh angin.

      Tapi gapapa lah kalo buat latihan doang mah.

      Delete
  12. mau nanya kalau draw lenght saya 29-30 ukuran busur recurve yg pas berapa ya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.