March 29, 2024

Cara Memilih Bow/Busur dan Arrow/Anak Panah Untuk Pemula

Ini nih yang paling sering ditanyain sama orang yang baru2 maen. Ada beberapa hal penting yang harus dipikirin kalo mau beli peralatan panahan.

Panahan itu kan olahraga konsistensi. Settingan alat dan teknik kita harus bener2 sama dalam setiap tembakan untuk hasil optimal. Gimana bisa hal ini tercapai kalo kita cuma ngandelin pinjeman dari temen atau klub? Yang belum tentu setiap kita latihan bakal dikasih peralatan yang sama. Hari ini latihan pake busur dan anak panah A, besok pake busur B dan anak panah B, dst.

Tapi disisi lain, peralatan panahan bukan barang murah. Kita harus teliti milih yang mau kita beli, kan sayang kalo udah beli ternyata gak cocok. Dijual lagi juga kemungkinan besar gak akan balik modal.

Cara terbaik memang coba2 dulu, pinjem punya temen atau punya klub. Terutama di klub biasanya banyak pilihan ukuran panjang dan berat tarikan busur. Yang mana yang enak dipake itulah yang nantinya kita beli,

Setelah teknik kita mulai konsisten, grouping udah mulai bagus (umumnya kurang lebih latihan sebulan lah kalo rajin), baru deh pertimbangkan hal2 di bawah ini buat acuan pas mau beli.

1. Kanan atau kidal

Pemanah sebelah kiri: right handed/RH/kanan, yang megang busur tangan kiri, yang narik string tangan kanan.
Pemanah sebelah kanan: left handed/LH/kidal, yang megang busur tangan kanan, yang narik string tangan kiri.

Menurut saya ini yang paling pertama harus diputuskan. Sebagian besar pemanah di dunia adalah pemanah kanan. Tapi bukan berarti kamu harus ikut2an mana yang rame.

Karena panahan selain menggunakan tangan, mata juga sangat berperan penting karena dipake buat ngebidik. Dan sama kayak tangan, mata juga bisa kidal. Istilahnya adalah eye dominance.

Artikel lebih lanjut tentang ini ada disini: http://papatembak.blogspot.com/2016/06/mata-dominan-eye-dominance.html

2. Jenis busur

Kalo ini hampir sepenuhnya masalah selera, dan sedikit masalah dana. Hahaha…

Ada banyak pilihan jenis busur: longbow, recurve, horsebow, compound, dll. Semua punya plus minus, harganya juga lain.

Masalah harga, olympic/FITA recurve bow dan compound bow adalah yang paling mahal. Starter kitnya aja bisa diatas 10 juta. Apalagi kalo mau peralatan yang kualitas terbaik semuanya, bisa abis puluhan juta.

Compound bow, cirinya ada katrol di ujung limbsnya.
Olympic/FITA recurve bow. 

Nah, untuk yang low budget seperti saya dan kebanyakan orang yang baru mau memulai hobi panahan, jenis busur dibawah ini bisa jadi pertimbangan. Sekedar gambaran harga, saya pajang foto asli orang jualan.

1. Standard bow
Sebenernya adalah jenis recurve bow, tapi versi generik. Haha… Di Indonesia busur jenis ini buanyaaak banget dipake. Buat iseng, latihan, maupun kompetisi. Busur jenis ini bisa ikut berbagai ronde pertandingan: Ronde Nasional/Standard Bow, Ronde Recurve, dan Ronde Barebow.

Saya perhatiin merk yang paling banyak dipake adalah Cartel Sirius Plus dan SF Optimo+, dua merk ini udah beredar lama di Indonesia. Kesini2nya banyak merk lain seperti Jandao, Sanlida, Kaimei, Maximo, dkk.

Harganya untuk starter kisaran 3 juta udah lumayan lengkap, udah bisa dipake latihan (busur, anak panah, finger tab, arm guard, quiver). Kalo busurnya doang kisaran harga 1,6 juta. Kayak gini penampakannya:

Beli standard bownya disini juga bisa.
Masih bingung bedanya antara “standard bow” dan “recurve”? Baca dulu disini: https://www.papatembak.com/2017/06/perbedaan-busur-recurve-dan-standard-bow.html
2. Horse bow
Sesuai namanya, busur jenis ini dulunya banyak dipake diatas kuda. Karena itu busurnya pendek, biar leluasa makenya.
Busur jenis ini harganya sangat beragam, ada yang berbahan PVC yang harganya dibawah 400rb, sampe bahan komposit alami yang harganya bisa belasan bahkan puluhan juta rupiah.
Yang harganya tengah2 adalah horsebow pabrikan import. Biasanya terbuat dari laminasi kayu, fiber, dan karbon. Saya gak begitu paham mana yang bagus, cuma saya sering liat orang banyak pake Kaya Windfighter. Saya liat2 harga busurnya doang kisaran 3 jutaan.
Horsebow merk Kaya Windfighter
Kalo yang harganya lebih terjangkau biasanya berbahan PVC atau fiberglass (PFG atau EFG). Banyak pengrajin lokal yang produksi dari bahan ini makanya lebih murah.
Hungarian bow berbahan fiberglass produksi Kang Roy archery. Salah satu maestro pembuat busur Indonesia.
Horsebow PVC, harganya kebanyakan dibawah 400rb tergantung kualitasnya. Tapi tingkat keawetan busur berbahan PVC termasuk kurang. Biasanya hitungan bulan udah patah.

3. Busur Tradisional
Bahannya kayu dan bambu.

Seperti yang di bawah ini adalah busur jemparingan, bentuknya mirip standard bow. Biasanya dijual dengan harga kisaran 600rb.

Busur Jemparingan

4. Busur Recurve PVC
Dengan handle kayu dan limbs PVC yang biasanya diisi bambu. Dibawah ini contohnya, dibandrol di kisaran 300rb.

Busur PVC handle kayu

Kisaran harga yang saya cantumin cuma buat gambaran kasar aja, soalnya harga cepet banget berubah. Belum lagi kalo barang yang dijual kualitasnya beda, bisa jadi lebih mahal atau lebih murah dari yang saya sebutin.

Yang jualan juga buanyaaak, silahkan cari penjual yang jujur. Lebih baik lagi kalo bisa diajak konsultasi dulu.

3. Panjang busur

Terutama untuk “standard bow” dan olympic/FITA recurve ada ukuran panjang busur tertentu yang bakal disesuaikan dengan postur badan si pemanah. Karena postur badan bakal mempengaruhi panjang tarikan (draw length). Draw length ini yang bakal jadi acuan pemilihan ukuran bow yang cocok buat kamu.

Artikel lebih lanjut tentang draw length bisa diliat disini: http://papatembak.blogspot.com/2016/06/panjang-tarikandraw-length-saya-berapa.html

Busur jenis horsebow dan hunting bow gak perlu ikut patokan diatas, karena biasanya busurnya pendek2.

4. Berat tarikan (draw weight)

Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah “Beli sekalian yang berat aja, nanti juga terbiasa. Biar gak usah beli2 lagi”. Dulu saya juga termasuk yang prinsipnya begitu, alhasil saya menyesal.

Kenapa? karena pada tahap awal belajar panahan yang paling utama adalah teknik. Kalo badan kita perlu usaha ekstra keras cuma buat narik string, teknik malah gak akan keperhatiin. Saya jamin akurasi tembakan juga bakal ancur2an.

Gak usah malu misal kamu seorang lelaki brewok tinggi gede tapi cuma narik busur 20 lbs. Karena otot yang dipake buat panahan adalah otot yang jarang dipake sehari2. Saya pernah liat cowok tinggi gede tapi tangannya gemeteran narik busur yang cuma 20an lbs.

Ingat, latihan panahan itu bisa sampe berjam2, menembak sampe ratusan kali per sesi latihan. Percuma punya busur draw weight gede kalo kamu cuma bisa narik 10 kali abis itu langsung tepar. Gak ada gunanya. Busur 20-30 lbs aja masih bagus kok sampe jarak 20-30 meteran, bahkan lebih. Pertandingan indoor kan cuma 18 meter.

Coba2 aja dulu punya klub, atau punya temen. Mana yang menurut kamu ringan dan kamu sanggup nariknya sampe beratus2 kali. Biar latihan lebih optimal.

Pada saat nanti kamu udah mulai terbiasa, bisa dinaikin dikit2 draw weightnya. Gak mesti beli kok, saya sendiri pernah barter. Pajang aja di media sosial, ada aja peminatnya.

NB: Untuk standard bow, limbs tersedia dari 18-40 lbs. Nambahnya kelipatan 2 lbs. Saya pribadi waktu baru mulai memanah pake 28 lbs, itu juga masih gemeteran. Akhirnya diturunin ke 24 lbs baru nyaman. Sampe sekarang masih pake busur 24 lbs untuk latihan dan tanding dengan jarak 20 meter kebawah, enak gak cepet capek.

5. Memilih Anak Panah

Busur dan anak panah harus dipasangkan dengan serasi. Kalo nggak sesuai nantinya si anak panah bakal terbang lari kanan lari kiri. Intinya semakin berat draw weight, semakin kaku anak panah yang harus dipake, dan sebaliknya. Minta saran ke pemain yang lebih senior atau ke penjual tentang ukuran anak panah yang cocok buat busurmu.

Menurut saya yang  paling penting buat pemula sih beli anak panah yang murah2 aja dulu. Bisa dari bahan kayu/bambu, fiberglass, atau alumunium. Karena benda ini paling cepet rusak. Apalagi pemula, ada kalanya anak panah meleset dari bantalan terus ngehantem tembok, atau ilang ke kebun.

Gambaran dikit untuk harga anak panah:

1. Anak panah bambu
Biasanya dibuat dari bambu petung/gombong. Harga dan kualitas cukup beragam. Tergantung tingkat kelurusan, keseragaman spine, finishing (plitur), dll. Biasanya dibandrol mulai dari belasan ribu sampe 50an ribu per batang lengkap.

Anak panah bambu full set

2. Anak panah fiberglass
Bahan ini kuat dan cukup murah. Cocok banget buat pemula. Biasanya dihargain kisaran 30rb per batang.

Anak panah fiberglass

Lebih lengkapnya tentang perbandingan anak panah bisa cek link ini. Disini ada juga list harga untuk anak panah berbahan alumunium dan karbon: https://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/perbandingan-kelebihan-dan-kekurangan_21.html

Kalo teknik udah bagus, nembak udah kena bantalan terus, dan udah ada duitnya, baru deh bisa mempertimbangkan beli anak panah yang agak bagusan. Karena akurasi juga ditentukan oleh kualitas anak panah.

Sebagai contoh aja, kalo pake “standard bow” dengan draw weight 28 lbs bisa pake anak panah alumunium ukuran 1616 atau bahan lain yang punya nilai spine yang mirip2.
Apa itu spine? cek dulu kesini: http://papatembak.blogspot.com/2016/06/apa-arti-spine-deflection-pada-arrow.html

Lebih detail tentang pemilihan anak panah, (walaupun kayaknya terlalu ribet buat pemula) bisa cek disini: http://papatembak.blogspot.com/2016/06/bagaimana-cara-memilih-anak-panaharrow.html

6. Asesoris

Selain busur dan anak panah, masih ada beberapa asesoris yang dibutuhin. Yang wajib adalah finger tab (pelindung jari) dan arm guard (pelindung lengan).

Finger tab banyak buatan lokal yang murah2, awet juga. Tapi kalo langsung mau beli yang bagus juga gak masalah, cuma pastikan ukurannya pas, karena ada pilihan ukuran S, M atau L.

Finger tab lokal dengan kisaran harga 50 ribu.
Finger tab import untuk pemula bisa dibeli disini dan disini.

Kalo untuk arm guard, saya saranin pake yang paling panjang dan lebar untuk pemula. Karena teknik penempatan siku biasanya belum pas jadi sering kejepret. Saya sendiri pernah sampe biru2. Tapi usahakan bahannya jangan pake yang nyerep keringet (misal bahan kulit atau kain tebal) karena bakalan cepet bau. Enaknya bahan karet atau plastik aja. Bahkan bisa bikin sendiri dari pipa PVC/paralon, murah meriaaaah.

Arm guard lokal dengan harga 60rb dijual di tokopedia.

Kenapa harus tau ini semua? Mohon maaf karena ada oknum penjual yang punya prinsip “yang penting barangku laku”. Jadi walaupun sebenernya si penjual tau bahwa barangnya gak cocok sama si pembeli tetep dibilang bagus dan cocok2 aja. Atau bisa juga karena si penjual belum tau ilmunya, cuma sekedar jualan. Memang cuma satu dua aja penjual yang model begitu, tapi ada baiknya kita tau apa yang mau kita beli supaya dana, waktu, dan tenaga yang kita keluarkan jadi efektif.

Itulah hal2 utama yang harus dipertimbangkan kalo mau beli peralatan panahan. Cuma sebagai pedoman kasar. Yang paling bagus adalah nanya ke senior, karena mereka udah lebih berpengalaman. Termasuk punya referensi seller/penjual mana yang lebih recommended.

NB:
– Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
– Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha…

Nyareri awak,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

182 thoughts on “Cara Memilih Bow/Busur dan Arrow/Anak Panah Untuk Pemula

  1. Busur jenis apa dulu? Kalo recurve dengan ILF riser biasanya bisa diadjust +-5-10% dari total draw weight dengan cara muter kayak baut gitu pake kunci L. Kalo pengen nambah/ngurangin banyak harus ganti limbs.

    Standard bow kalo nambah/ngurangin dikit bisa pake sistem ganjel limbs. Tapi resiko limbs retak/pecah. Bagusnya ganti limbs.

    Compound bisa nambah/ngurang banyak draw weightnya cuma dengan muter baut pake kunci L.

    Horsebow pada umumnya harus ganti semuanya karena biasanya horsebow bukan takedown.

  2. terimakasih responnya mantap!!

    saya pemula baru sekali coba, tinggi 175cm, panjang tangan 180cm

    rencananya sih pengen beli cartel sirius sf 70/28, punya saran gak buat saya?

  3. Assalamu'alaikum
    Mohon arahan mas, saya benar benar baru dalam panahan.
    Saya tinggal di salah satu desa di provinsi Kalimantan Barat, dan di sekitar saya belum ada klub panahan atau komunitas panahan.
    Saya tinggi 170 cm, berat 76 kg & terbiasa olah raga basket & pingpong.
    Saya juga sama sekali belum pernah mencoba salah satu jenis busur.
    Mohon arahan kira kira, jenis & spesifikasi busur & arrow apa yang bisa saya pakai untuk latihan otodidak? Tks
    Jazaakallahu khoiron

  4. Wa'alaikumsalam.

    Olahraga panahan tidak ada hubungannya dengan tinggi dan berat badan. Tapi ke panjang rentang. Silahkan dibaca lagi artikel saya tentang draw length.

    Dan saya tidak menyarankan untuk belajar otodidak karena terutama untuk awal, panahan sangat membutuhkan pelatih. Mungkin sekali2 bisa main ke kota lain dulu buat belajar dari pelatih langsung. Kalo cuma belajar dari membaca atau liat youtube saya pikir malah bakal bikin kebiasaan buruk.

    Kalo hal diatas tidak memungkinkan, mungkin om akan lebih nyaman pake panahan tradisional semacam longbow atau horsebow.

  5. Coach sukka banget sama blog nya������, cuma saya masih blm bisa gambarin / terjemahin semuanya ��, masih bingung sama penentuan kesesuaian busur dan anak panah nya, itu gimana ya? Mau beli arrow takut keliru lagi. Terims coach ��

  6. Hmm, kalo cocok2an di mata sih menurut saya pakenya arrow bambu/kayu. Soalnya horsebow kan busur tradisional, rasanya kurang klop kalo pake arrow modern.

    Tinggal spinenya aja menyesuaikan. Kalo 60lbs harus yang agak kaku. Ukuran pastinya saya gak paham, mungkin yang 8mm. Silahkan tanya ke senior pemain hb. Saya mah mainnya standard bow aja.

  7. Assalaamualaikum Wr. Wb,

    Kang, ada info yang jual bow standar bekas untuk anak (usia 7 – 10 tahun). Kalau ada yang untuk dewasa pemula boleh juga kalau harganya cocok,,,he,,,,he,,,,
    Nuhun.

  8. Mas….menu ekstrakurikuler sekolah kami mau ada panahan . Kami mau membelinya 3 buah dulu. Dan untuk persiapan lomba di Bandung , akhir April nanti.
    Ketentuan alat yg digunakan al:
    1. Busur adl standard bow /busur ronde nasional
    2. Anak panah dari kayu , bambu, / aluminium

    mohon info no hp yg dpt di hubungi.
    HP saya ( 085226992211 ) Samsuri- Banyumas

  9. Jadi pengen belajar panahan..
    Katanya bagus untuk melatih konsentrasi dan emosi..

    Karna saya suka bermasalah dengan nasi dan sambel tarasi..suka tidak bisa menahan diri..

    Terima kasih kang Azhar..artikelnya sangat bermanfaat..

  10. Saya gak paham perbandingan mana yang bagus, cuma pernah pake cartel dan bagus2 aja. Masalah harga juga kalo standard bow kayaknya beda tipis aja.

    Ukuran busur bukan diliat dari tinggi badan tapi panjang rentang. Itu diatas ada link artikel tentang cara ngukur draw length.

  11. Assalamualaikum…
    terima kasih atas artikelnya, pak…
    sangat bermanfaat bagi saya yang lagi nyobain panahan….
    pak, mau nanya,,,
    kalo busur dengan draw weight 26 lbs, maksimal bisa dipakai untuk jarak berapa meter?

  12. Waalaikumsalam. Sama2 om, makasih udah mau baca2 blog saya.

    Kalo masalah jarak, saya sendiri pake 24 lbs main 40 meter masih nyampe dan nancep di bantalan target. Cuma kurva arrownya terlalu melambung. Yang berarti waktu untuk mencapai target bakal lebih lama dan bakal lebih terpengaruh angin.

    Tapi kalo sekedar dipake jarak 20 meter sih udah joss banget, apalagi indoor yang gak ada angin.

  13. iya, pak. busurnya standar pabrik.
    saya nyoba pinjem busur temen, punya dia draw weight nya 26, tapi krn masih pemula, jadi targetnya masih sejauh 10 meter. belum pernah nyoba yang lebih jauh dari itu, krn masih harus mbenerin teknik saya…
    saya biasanya latihan di lapangan, jadi di outdoor.
    lha, saya kan rencana mau beli busur sendiri, tapi masih bingung mau ambil yg draw weight nya berapa….
    klo mau ambil 26, bisa mbenerin teknik dulu seperti saran nya bapak di artikel, tapi nanti klo mau manah target yang lebih jauh harus ganti limbs y pak?

    mohon saran nya pak…
    makasih

  14. Iya om, saran saya tetep sama. Ambil yang draw weightnya nyaman buat latihan lama2 dulu. Setaun pertama utamain teknik. Ntar kalo udah bisa nembak 200++ arrow tanpa merasa capek bisa dinaikin dikit2 draw weightnya.

    Kalo bisa ntar udah naik draw weightnya pun limbs yang ringan tetep disimpen. Saya sendiri juga punya 3 pasang limbs. 24,32,40. Kalo lagi rajin narik 40 kerasa biasa aja. Kalo lama gak latihan balik lagi pegang yang ringan jadi teknik gak ancur.

  15. Kang,kalo risernya mending yg alloy atau kayu ? Punten,di tokopedia (gerai panahan) risernya alloy,tp harganya dibanding standart bow kayak cartel hampir sama (bahkan udah ada sight ny),itu barang kira² bagus teu kang ? Punten kang ngarerepot,trima kasih sebelumnya
    #edisimasihbingung

  16. Riser bahan alloy kalo harganya murah biasanya fitting limbsnya sama seperti standard bow (bukan ILF).

    Menurut saya yang kayak gitu masuknya nanggung. Karena kalo kompetisi gak boleh masuk yang kelas standard bow, harus masuk kelas recurve. Tapi riser tersebut gak bisa pake limbs ILF, dimana pada umumnya limbs ILF dibuat kualitasnya lebih baik. Jadi kan nanti saingannya berat.

  17. Barangkali bingung, di indo yang daritadi saya sebut "standard bow" adalah busur recurve yang bahan riser dan limbsnya dari kayu laminasi.

    Kalo dalam pertandingan biasanya standard bow dipertandingkan di ronde nasional. Jarak tembak biasanya 40 meter.

    Kalo busur recurve tapi risernya metal (walau limbsnya sama2 kayu laminasi) masuknya harus ke ronde recurve, jarak tembaknya biasanya 70 meter.

  18. Beda merk pun kalo jenis fittingnya sama bisa dipake.

    Umumnya untuk recurve ada 3 jenis fitting.

    Fitting bolt on yang dipake di standard bow, fitting ILF yang dipake di olympic recurve, sama fitting hunting bow. Tinggal dipastiin fittingnya yang mana kalo beli busur.

  19. Assalamu'alaikum..
    Numpang nnya gan..
    Merek busur panah yang bagus bajet kisaran 2 jutaan apa ya.
    Ana pemula mau beli busur panah,tapi masih bingung takut salah beli .
    Hehehe

  20. Waalaikumsalam.

    Buat pemula saya selalu nyaranin standard bow. Terserah mau merk apaan. Yang paling umum mah Cartel Sirius Plus, SF Optimo, Samick Polaris, dll.

    Akurasi bagus, variasi berat tarikan banyak, ukuran panjangnya juga banyak macem, yang jual banyak, harga gak mahal, harga jual laginya bagus, peminatnya banyak, bisa dibongkar jadi gak ribet, dst.

  21. Waalaikumsalam.

    Maksudnya dibandingkan terhadap apa? Kalo dibandingkan busur modern tentu akurasi kalah jauh. Karena busur modern semisal recurve atau compound kan banyak asesoris pendukungnya kayak stabilizer, clicker, fisir, dll.

    Seperti saya bilang di artikel. Untuk jenis busur itu hampir sepenuhnya masalah selera. Silahkan pilih yang cocok sama hati dan dompet.

  22. Assalamualaikum pak.selamat sore.cartel sirius riser kayu junxing f155 risel metal.menurut pandangan bapak lebih baik mana.pernedaan harga cuma 200
    Thanksss

  23. Wa'alaikumsalam.

    Saya pribadi bakal pilih yang kayu. Karena nantinya kalo kompetisi bisa ikut ronde nasional, juga bisa ikut ronde recurve. Kalo risernya metal harus ronde recurve, gak boleh ikutan nasional.

    Selain itu setau saya F155 panjangnya cuma satu macam, 66 inch. Kalo draw length om lebih panjang kan idealnya pake ukuran 68 atau 70. Jadi kurang pas.

    Untuk kelas busur kayu, sirius plus termasuk yang terbaik.

    Untuk kelas riser metal, F155 termasuk yang dibawah.

    Untuk bahan pertimbangan aja.

  24. Assalamualaikum
    Bermanfaat sekali informasinya matur nuwun lah hehe oiya ini saya pemula dan saya kemarin saya coba latihan dgn club panahan di kota saya dan saya memakai standart bow , tarikannya ya Allah berat haha bergetar saya megangnya , mohon pencerahan dong mas bagusnya milih standart bow atau horsebow buat pemula ni , soalnya klo standart bow itu saya rasa berat tarikannya -_- makasih mas

  25. Waalaikumsalam. Sama2…

    Kemaren nyoba yang draw weightnya berapa lbs? Umumnya limbs standard bow yang dijual 18-38 lbs.

    Urusan berat tarikan justru horsebow umumnya lebih berat. Pernah liat yang sampe 80 lbs. Tapi yang agak ringan juga banyak.

    Intinya draw weight itu menyesuaikan pemakainya. Di pasaran banyak macam. Kalo jenis busur sesuai selera aja.

  26. Kak
    Saya mau nanya..
    Kalau semisal mau naik atau turunin draw weight apakah harus beli bow baru yg komplit atau cukup ganti limbs nya saja ya?

  27. a saya dari bandung mau belajar panah, aa barangkali jual panah yang cocok untuk amatiran buat saya. mohon bantuannya a. aa lokasi dmn?

  28. mau tanya, ukuran anak panah (misal 1616 atau 1716) itu harus sesuai tinggi badan atau nggak ya? apa sesuai draw length aja? kalau draw lengthnya 24" sudah pas belum pakai anak panah 1716?

  29. Ukuran SPINE anak panah itu utamanya tergantung panjang tarikan dan berat tarikan. Semakin panjang dan semakin berat maka anak panah perlu yang semakin kaku.

    Saya belum bisa jawab pertanyaannya kalo spesifikasi berat tarikan gak tercantum.

  30. gan misi nih mau nanya.. ane pemula gan mau beli busur 1set tpi masih bnggung karena takut salah beli..
    tinggi ane 173cm gan..
    rencana mau beli cartel sirius plus yg 70 24.. apa ini uda pas buat ane ? apa 70 26.. trus buat panjang anak panah pake yg brpa ya gan ? nuwun

  31. Draw lengthnya berapa?

    Draw weight 20-24 lbs saya pikir cukup, karena kalo draw length lebih dari 28 inch maka tarikan akan lebih berat dari spesifikasi.

    Panjang anak panah saya belum bisa kasih saran kalo draw length belum jelas.

  32. Alhamdulillah akhirnya nemu artikel yg lengkap, walaupun bingung jg bacanya. maklum bnr2 awam. kang kebetulan agak sy ikut ekstra panahan disekolah dn ingin memiliki alat sendiri. sebaiknya beli yg busur jenis apa, merk apa, dn membelinya dmn? (yg tdk terlalu mahal). Maaf byk bertanya. sukyron jazakallah kang.

  33. Biasanya saya menyarankan standars bow seperti cartel sirius dan sf optimo. Kuat, awet, harga jual kembali yang masih tinggi, pemakaian bisa untuk hobi dan prestasi, bisa buat barebow juga, dll.

    Tapi harga satu set siap tembak kisaran 3 juta. Agak mahal dibanding produk lokal.

    Kalo dana terbatas saya sarankan beli lokal yang laminasi atau fiber. Soalnya pvc dikenal cepet patah.

    Belinya di tokopedia banyak, di facebook juga banyak. Cuma hati2 dalam pemilihan ukurannya.

  34. Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Alhamdullila setiap kemauan pasti ada jalan, baru sepekan kenalan sama panahan padahal ngidam nya dah tahunan alhamdullila dah ketemu artikel selengkap ini, masalah berat tarikan dan rentang tarikan saya sudah dapat rekomendasi dari pelatih saya, namun saya masih ragu mengenai istilah limb PVC apakah istilah terasebut berarti limbah ?? bisa istilah ini saya temukan di spesifikasi material busur. mohon dijelaskan terima kasih

  35. Waalaikumsalam. Makasih udah mampir ke blog saya.

    Maksudnya pvc ya bahannya dari pvc/paralon. Tapi kalo bekas/limbah sih kayaknya bukan. Justru pengrajin biasa bikin dari pvc kualitas bagus kayak rucika atau wavin.

    Cuma memang ketahanan busur pvc emang gak sekuat fiber atau karbon.

  36. Assalamu alaikum

    Postingan yg bermanfaat n jadi tertarik u/ ikut panahan.
    Mohon info u/ club panahan yg ada di Gresik atau di Makassar kang ?
    Dan toko atau org yg jual alat panahan di kedua kota tsb yg recommended ?
    Jazakallah…

  37. Mas.. mau nanya.. kalo panahan buat pemula.. tapi yang pas gitu dan panahnya bagus dan awet.. tapi ga lebih kira2 dari 500-700 rb.. apa ya? dan bahannya apa juga ya? trimakasih.. kalo bisa detail juga sekalian jenis anak panah nya..

  38. assalamualaikum
    anak saya dengan panjang rentang tangan 136cm ingin ganti pake busur cartel sirius untuk ikut latihan…ukuran berapa ya busur yang pas untuk anak saya?

  39. Waalaikumsalam.

    Panjang busur yang cocok sepertinya ukuran 62. Berat tarikannya dibawah 20lbs.

    Untuk awalan saran saya coba dulu punya temennya atau punya klub. Yang anaknya merasa nyaman pake itu yang dibelikan. Supaya efektif dan efisien.

  40. Assalamualaikum kang Atchay… Hehe..
    Ini fahd KALB, mo nanya-nanya bingung. Terkait Ronde Recurve 70 meter.

    Kenapa orang slalu pakai recurve ILF, jarang liat pakai riser kayu (misalnya cartel). Apa memang akurasinya lebih pasti dibanding riser standardbow? Dengan kata lain, standard bow kayu itu tidak lebih baik. Dengan orang yang sama, dia pakai ILF, lalu pakai Cartel, pasti bagusan skor pakai ILF. Begitu kah?

    Gegara di lomba Fast ada 70 meter awal april 2018 ini, kepikiran pengen nyoba sekalian belajar, tapi dengan busur cartel sirius plus, blm punya ILF.

  41. Waalaikumsalam. Iya kurang lebih begitu. Terutama untuk untuk jarak jauh alat berperan sangat penting. Ada harga ada kualitas. Kalo semua sama, ngapain orang beli hoyt mahal2.

    Kalo sekedar pengen nyoba, pake standard bow aja bisa kok. Tapi kalo mau bersaing agak sulit menurut saya. Apalagi arrownya juga gak mendukung. Untuk 70 meter kalo masih pake alumunium bakal parabolik banget karena berat.

  42. Siang…
    Maaf saya mau tanya, karena bingung semua ukuran dalam inch..
    Panjang lengan saya 178cm apabila pake riser 40cm dan limbs 60cm apakah sudah ideal??
    Karena panjang total busurnya hanya 160cm
    Dan untuk arrow ukuran berapa ya??

    Terima kasih

  43. mudah2an dijawab, arm lenght saya sekitar 73 inch kalo dibagi 2,5 dapat angka 29, kalau dikonversi ke ukuran busur antara 68 – 70, rencana saya mau beli busur recurve atau standard bow dengan ukuran 70/20 karena nyoba pakai punya klub dikantor pakai 66/22 masih berat tarikannya, makanya nyarinya 70/20.. tapi susah ukuran tersebut, apakah masih masuk apabila saya pakai 68/20?

  44. Assalamualaikum kang Azhar
    Perkenalkan sy Ato. sy mau tanya panjang arm span sy 168 cm
    168 cm = 66,14 inchi di bagi 2.5 = 26,4 inchi
    untuk panjang busur (limbs) lebih baik pakai yg 66" atau 68" untuk tarikan 24-32 lbs.terima kasih mohon pencerahannya

  45. Wahhhhhhhhhhh makasi banyak masnya udah share ilmu buat kita kita yg kaga tau nih masih pemula tapi pengen beli seperangkat alat memanah. Thanks banget sangat membantu

  46. mohon pendapat om papatembak. tinggi saya 153 cm. seharusnya sesuai rumus, saya memakai busur uk 62" . tapi saya malah disuruh pake yang yang uk 66" dengan alasan supaya nanti draw weight nya kalo naik tidak perlu ganti riser.
    Menurut om gimana? Saya sudah kadung beli 1 set dg uk 66". harus ganti kah? Trims

  47. Assalamualaikum kang mau tanya saya baru beli panahan dengan lbs 18.kira kira cocok gak ya dengan tinggi badan saya yg 150cm.ada ya alat untuk menaikkan dan menurunkan lbs kang
    P

  48. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat 🙂
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    – Adu Q
    – Bandar Q
    – Bandar Sakong
    – Bandar Poker
    – Poker
    – Domino 99
    – Capsa Susun
    – BANDAR66 / ADU BALAK ( GAME TERBARU )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL

    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    Daftar SahabatQQ

    #sahabatQQ
    #winsahabatQQ
    #winsahabat
    #88sahabatQQ
    #88sahabat
    #windaftar

  49. maaf gan mau ikutan nanya, jadi sebenernya, untuk riser kayu or alloy, itu cuma bermasalah di bagian kompetisi aja ya?
    jadi semisalnya saya cuma ikut panahan biasa, gak ada minat ikut lomba, untuk yang tahan lama, saya mending pilih yang alloy aja ya?

    terima kasih

  50. Makasih banget pak atas ilmunya. Saya akhirnya paham jenis panah seperti yang harus saya pakai. Btw semua pengalaman diatas saya alami semua. Busur nggak sesuai. Alhasil baru beberapa tarikan udah jadi kaum rebahan di tengah lapangan.🤣🤣🤣

  51. Nuhun,Kang. Tulisan yg bagus… (Asa kasindir,lengan biru² kajepret string. Hahaha…).
    Sy setuju pas di bagian banyak oknum penjual yg punya prinsip "yg penting barangnya laku".
    Sehat selalu,Kang. 🙏🙏🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *