Toko Papatembak

Macam-macam Arrowhead/Point/Tip atau Apapunlah Namanya, Pokoknya yang Ada di Ujung Depan Anak Panah/Arrow

Tergantung mau dipake apaan, anak panah/arrow ada berbagai macam. Bentuknya kayak dibawah ini:

Blunts: Gak tajem, biasa dibikin dari metal atau karet keras. Biasanya dipake buat berburu binatang kecil kayak kelinci, tupai, dkk. Karena gak tajem, kalo kena binatang kecil tadi efeknya bisa pingsan atau bahkan badannya ancur kalo busur/bow yang dipake lbs nya tinggi.

ini yang namanya Blunts

Judo Points: Ada kayak kawat berpegasnya, fungsinya biar nyangkut di semak atau rumput. Biar gak susah nyari anak panah/arrownya (kalo gak kena/miss) karena biasa dipake buat berburu di hutan yang memang banyak semak/rumput. Ujungnya bisa tajem atau nggak.

Judo Point yang ujungnya Blunt

Judo Points yang ujungnya tajem

Broadheads: Biasanya ada dua, tiga, atau empat pisau. Dulunya dipake perang. Kalo sekarang dipake buat berburu. Tujuannya supaya si target pendarahan hebat dan cepet mati. Ada 2 tipe, fixed blade dimana pisaunya permanen. Ada juga mechanical blade, si pisaunya kelipet dulu dan baru kebuka kalo udah kena target.

Fixed Broadhead. Bayangin kalo nancep di jidat.

Mechanical Broadhead. Kanan pas ditembakin, kiri pas nancep. Susah nyabutnya kali ya.

Bodkin Points: Dibikin dari besi. Dulunya dipake buat perang, modelnya begini biar jarak yang bisa dicapai lebih jauh dari broadhead. Biar pasukan yang lagi nongkrong di belakang juga bisa kena. Haha...

Bodkin Point, bisa juga buat tusuk gigi. :D

Target Points: Bentuknya kayak peluru, ujungnya tajem juga sih tapi gak tajem2 banget. Tujuannya supaya si bantalan target gak cepet rusak. Bayangin aja kalo pake broadhead di bantalan busa EVA mat. Sekali latihan juga mati Belanda itu busa ati, mahal belinya lagi. Haha... Juga gak begitu ngerusak kalo seandainya ngehantem arrow lain di bantalan target.

Bullet Point. Point paling pasaran di Indonesia.


Field Points: Mirip sama target point tapi ujungnya lebih ramping dan ada "bahu"nya. Tujuannya supaya gak nancep dalem2 amat kalo nembak di hutan terus kena pohon. Pemburu/Bowhunter juga biasa pake point jenis ini buat latihan karena karakteristik terbangnya anak panah/arrow jadi mirip sama kalo pake broadheads.

Field Point, kalo jago bisa juga dibikin gasing. :D


Safety Arrow: Ujungnya lebar, biasa dikasih bantalan juga. Biasa dipake perang2an. Biar orang yang kena gak mati beneran.

Safety Arrow. Foto terakhir yang ada gambar orangnya biar keren.



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Sabab loba teuing sare,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

5 comments:

  1. kalo ukuran bantalan yang standarnya ukuran berapa kang soalnya mau bikin sendiri nih buat latihan dirumah, hatur nuhun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mampir kesini buat standar ukuran target facenya.

      http://papatembak.blogspot.co.id/2016/08/ukuran-target-face-untuk-pertandingan.html?m=1

      Delete
    2. Standarnya ukuran bantalan itu diatas 124cm karena target face paling gede itu 122cm.

      Tapi karena EVA mat (bahan bantalan) yang dijual di indo biasanya ukuran 120x210an (ukurannya gak mesti tepat dan potongannya gak rapi, gak kayak triplek) jadi ukuran bantalan paling satu lembar dibagi 2 aja.

      Delete
  2. ok hatur nuhun dilanjut bari ngopii wa..

    ReplyDelete
  3. Kok saya ngakak liat keterangan gambarnya yah :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.