Toko Papatembak

Macam-macam Ronde/Game Panahan

Panahan sih dasarnya sama, nembak target di jarak tertentu. Tapi banyak juga variasi aturan dan targetnya:

Target archery: Paling ngehit jaman sekarang. Pemanah nembak dari posisi diam ke arah target yang bentuknya lingkaran, ukuran target macem2. Bisa indoor juga outdoor. Yang indoor biasanya jarak 18-25 meter, yang outdoor biasanya jarak 30-90 meteran. Waktu nembaknya dibatasin. Nembak 3 atau 6 anak panah/arrow per rambahan. Abis itu jalan ke target buat nulis skor dan nyabut anak panah/arrownya.

Target archery

Field archery: Mirip target archery tapi nembaknya di alam bebas, permukaan tanahnya juga gak mesti rata. ada 3 macem ronde. Yang pertama field rounds, targetnya bulet warna kuning item. Yang kedua hunter rounds, jaraknya macem2. Yang ketiga animal rounds, targetnya gambar binatang 2 dimensi, jaraknya juga macem2, nilai/poinnya beda2 tergantung kena gambar binatang bagian mananya, dan jarak nembaknya.

Field round

Animal round

3D archery: Targetnya bentuk binatang 3 dimensi dengan ukuran sebenarnya. Pemburu/Bowhunter paling demen yang ini karena lingkungannya mirip2 sama berburu beneran. Khususnya buat yang demen berburu tapi gak pernah nemu hewan buruannya yang asli. Mungkin hewannya udah punah diburu terus2an. haha...
3D archery

Clout archery: Mirip target archery tapi jaraknya jauuuh. Targetnya juga horizontal di tanah. Targetnya bendera doang ditancep di tanah, semakin deket si anak panah/arrow ke bendera tadi makin tinggi poinnya.

Clout archery

Crossbow archery: Ya iyalah pake crossbow. Ada 3 macem, 30 meter match-crossbow, 10 meter match-crossbow, dan field-crossbow. Bisa indoor atau outdoor. Nembak 3 kali dalam 3 menit.

Crossbow

Flight archery: Maen jauh2an nerbangin anak panah/arrow. Tempatnya harus di lapangan luas dong, kalo di komplek perumahan bisa kena jidat orang. Bentuk busurnya kadang aneh2. Anak panah/arrownya biasanya pendek.

Flight archery

Ski archery: Gabungan ski dan recurve bow. Orangnya maen ski keliling2 terus nembak pake 2 macem posisi, berlutut dan berdiri. Jaraknya 18 meter dan targetnya ukuran 16 cm. Alat ski yang bentuknya kayak penggaris gede itu gak boleh dicopot pas nembak tapi boleh dilonggarin kalo pas berlutut.

Ski archery

Popinjay atau Papingo: Nembakin burung2an dari kayu biar jatoh. Burung2annya ditaro di atas tiang/bangunan. Semakin banyak burung2an yang jatoh semakin tinggi poinnya.

Papingo/popinjay archery


Roving marks: Nembak jauh2an dari satu titik start. Abis itu nembak dari anak panah/arrow pertama tadi ke jarak yang lebih jauh. Gitu aja terus. Makanya harus di tempat yang luas banget.
Roving marks

Beursault: Asalnya dari Perancis Utara dan Belgia. Targetnya bersebrangan depan2an jarak 50 meter. Pemanah pertama nembak dari target A ke target B. Abis itu jalan ke target B lalu nembak ke target A, jadi arah anginnya berlawanan. Targetnya seukuran orang, tengahnya seukuran jantung orang.
Beursault


Wand shoot: Nembakin benda kayak tongkat yang tingginya 180 cm, lebarnya 75-150mm.

Wand shoot



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Rieut njis,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

3 comments:

  1. Coach, request ulasan ukuran target untuk target archery dong!
    indoor maupun outdoor.
    thx infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, saya bukan coach om. Tapi kalo untuk artikel ukuran target saya siap bikinin. Makasih udah mampir.

      Delete
    2. udah saya bikin om, ini linknya:

      http://papatembak.blogspot.co.id/2016/08/ukuran-target-face-untuk-pertandingan.html

      Delete

Powered by Blogger.