Toko Papatembak

Pengertian dan Cara Menghitung FOC (Front Of Center) Pada Arrow/Anak Panah

FOC (Front of Center) adalah persentase dari berat total arrow/anak panah yang berada di setengah bagian depan. Semakin berat ujung depan arrow/anak panah, titik keseimbangan si arrow/anak panah juga bakal semakin maju ke depan. Terus buat apa sih sampe harus tau ginian? Karena FOC mempengaruhi karakteristik kurva lintasan arrow/anak panah pada saat terbang.

FOC sangat penting terutama untuk ronde panahan yang jaraknya jauh, misal ronde olimpiade yang jaraknya 70 meter. Kalo buat jarak pendek kayak indoor sih gak ngaruh2 amat.

Singkatnya gini, semakin tinggi nilai FOC artinya bagian depan arrow/anak panah semakin berat yang bakal bikin si arrow/anak panah lebih cepet menukik ke bawah kalo ditembakin.

Gini cara ngitungnya:
Rumusnya: (100 x (A-L/2)) / L

L= Panjang BOP (Back of Point) arrow/anak panah
A= Jarak dari cekungan nock ke titik keseimbangan


Buat cari titik keseimbangan arrow/anak panah bisa juga pake benang terus arrow/anak panahnya digantung. Baru deh ukur A nya.

Ga ada angka pastinya sih FOC harus berapa persen. Tapi Easton sebagai produsen arrow/anak panah ternama merekomendasikan begini:

Aluminum Target Arrows 7-9 %
A/C/C Target Arrows 9-11 %
A/C/E Target Arrows 11-16 %
Hunting Arrows 10-15 %

Kalo misal kamu udah ukur dan ternyata FOC arrowmu gak sesuai sama angka rekomendasi. Kamu bisa modifikasi dengan cara ganti berat insert dan point, atau ganti vanes pake yang lebih berat atau ringan. Intinya memodifikasi berat bagian depan atau belakangnya. Kalo FOC ketinggian berarti berat bagian depan harus dikurangin atau berat bagian belakangnya yang ditambah. Dan sebaliknya kalo FOC kerendahan.

Kayaknya kalo sampe mikirin FOC mah udah atlit kali yah, kalo archer hura2 kayak saya sih sekedar tau aja. Biar bisa sok2an nimbrung pas atlit lagi ngobrol. hahaha...

Btw ada cara yang lebih gampang sebenernya buat ngukur FOC, ada kalkulatornya. Buka disini yah: http://papatembak.blogspot.com/2016/06/bagaimana-cara-memilih-anak-panaharrow.html



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...


Nyeri tikoro,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

4 comments:

  1. Cara ngukur arrow itu dari cekungan nock sampai ujung point ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cekungan nock sampe ujung shaft.

      Lengkapnya disini: http://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/cara-mengukur-panjang-arrow-anak-panah.html?m=1

      Delete
  2. Replies
    1. Itu merk arrow keluaran easton. A/C itu artinya aluminum/alloy carbon. Arrow yang intinya alumunium, luarnya karbon.

      Delete

Powered by Blogger.