April 19, 2024

Cara Memasang dan Melepas String dari Bow/Busur Panah

Ada 3 metode yang umum dilakukan buat masangin string ke bow/busur. Sebelum lanjut ke metodenya ada yang harus diketahui dulu.

Pada umumnya, simpul ujung string itu ada yang lubangnya kecil, ada yang lubangnya gede. Yang lubangnya gede itu buat dipasang di ujung limb atas, yang lubangnya kecil buat dipasang di ujung limb bawah.
Diameter lubang simpul yang lebih gede buat dipasang di limb atas
Diameter lubang simpul yang lebih kecil buat dipasang di limb bawah
Ketiga metode awalnya sama. Pasang dulu limbs ke handle/riser, untuk bow/busur take down/bisa bongkar pasang. 
Standard bow dalam keadaan terpisah

Standard bow pas udah dipasang, tanpa string
Harus diperhatikan penempatan mana limb atas mana limb bawah ya. Pada umumnya yang ada tulisan spesifikasi draw weightnya ditaro di bawah. Pernah liat juga limbs yang ada tulisan “top limb” dan “bottom limb”nya.
Yang ada tulisan ininya ditaro di bagian bawah bow/busur
Abis itu, masukin simpul yang lubangnya lebih gede ke limb atas. Masukinnya sampe kayak di gambar dibawah ini. Belum disangkutin ke limb nock. Btw inilah alasannya kenapa lubang simpul string bagian atas lebih gede daripada yang bawah, karena harus masuk lebih dalem.
Masukin simpul string yang lebih gede ke limb atas
Kalo udah, pasang simpul string yang kecil ke limb nock bawah.
Pasang simpul yang lebih kecil di limb bagian bawah
Sip dah, persiapan awal selesai. Baru bisa pilih salah satu metode di bawah ini:
Oia lupa satu hal penting. Kalo mau pasang atau bongkar string semua asesoris kayak fisir, stabilizer, dll jangan dipasang dulu yah. Karena bakal ngehalangin, gak ergonomis, dan juga jadi gak aman. Saya pribadi pernah sobek baju dan perut baret gara2 pas masang string pake metode push-pull terus meleset dan fisir langsung ngehantem perut.
1. Menggunakan bow stringer

Bow stringer adalah alat bantu buat masang string, bentuknya kayak gambar di bawah ini. Bahan ujungnya ada yang plastik, kain tebel, dan ada juga yang kulit, plus tali prusik/paracord gitu lah. 
Penggunaan bow stringer ini cocok banget buat pemula atau buat masang string ke bow/busur yang draw weightnya tinggi. Penggunaan bow stringer juga direkomendasikan sama produsen limbs karena aman dari kemungkinan limb twist/bengkok atau lecet. Karena itu salah satu syarat dari garansi limbs adalah harus memasang string dengan bow stringer. Cuma kurangnya ya agak ribet dibanding dua metode lain, plus harus punya bow stringernya (walaupun murah sih, paling 50-100rb aja).
Bow stringer merk Cartel, ujungnya berbahan plastik
Bow stringer ada 2 macem ujungnya. Yang satu bisa nutupin limb nock sama string sepenuhnya, biasa disebut pocket. Ujung yang satunya cuma nyantol di ujung limb nock doang, biasa disebut small pocket. Atau ada juga tipe yang nyangkutnya di bagian limb yang agak ke tengah, biasa disebut saddle.
Cara pake bow stringer kayak gini:
Pasang bagian pocket ke limb nock bawah, yang udah ada stringnya tadi, harus nyangkut sempurna di tengah dan gak miring2.
Cara pasang bow stringer bagian “pocket” ke limb nock bawah
Terus pasang bagian small pocket atau saddle (tergantung kamu punya bow stringer tipe yang mana) di limb nock atas.
Cara pasang small pocket di limb nock bagian atas.
Di gambar ini stringnya udah terpasang, aslinya belum. Simpul string masih di tengah limb.
Kalo pake bow stringer yang tipe saddle pasangnya kayak gini.
Di gambar ini stringnya udah terpasang, aslinya string masih longgar di tengah limbs atas.
Kalo semua udah terpasang, kurang lebih modelnya jadi kayak begini.
Selanjutnya injek tali bow stringer terus tarik bow/busurnya sampe limbs melengkung. Baru deh simpul string bagian atasnya digeser sampe masuk ke limb nock atas.
Injek tali bow stringer terus tarik bow/busurnya ke atas
Pasang simpul string atas ke limb nock atas. Bakalan gampang karena si bow/busur udah melengkung.
Cek lagi posisi simpul atas dan bawah udah pas di tengah atau belum. Kalo misal posisi simpul belum bener2 nyantol di limb nock nanti bisa meleset dan release tiba2. Bisa ngerusak bow dan membahayakan orangnya. 
Kalo udah yakin bagus berarti udah bisa dilonggarin/diturunin posisi busurnya. Selesai, string udah terpasang.
2. Metode Push-Pull
Posisikan badan kayak gambar di bawah ini, Limb bawah disangkutin (bukan diinjek) di telapak kaki. Satu tangan pegang riser, satu tangan dorong limb atas sambil geser simpul string atas.
Tangan kanan dorong limb atas, tangan kiri tarik handle/riser, kaki tahan limb bawah

Tangan kanan sambil dorong limb atas juga sambil geser string ke posisi limb nock
Jangan kendorin dulu dorongan ke limb sebelum dipastiin stringnya nyangkut dengan benar. Kalo udah yakin baru deh bisa dikendorin tangan kanannya. 
Ini metode yang cukup sulit terutama untuk bow/busur yang draw weightnya tinggi. Harus ekstra hati2 kalo belum pernah.
3. Metode step-through

Metode ini menurut saya adalah yang paling riskan membuat limb twist/melintir. Karena bagian limb yang nempel di kaki biasanya jadi gak lurus pas didorong. Secara personal aja saya udah dicurhatin beberapa orang yang limb nya twist gara2 pake teknik ini. Jadi saya sangat sangat sangat tidak mengajurkan pake teknik ini buat masang string.

Metode ini agak susah kalo harus dijelasin kata2, liat gambar di bawah aja yah.
Posisikan limb bawah, nempel di area tulang kering

Masukin kaki yang satunya ke antara string dan bow/busur

Posisinya kurang lebih jadi kayak gini

Tarik ujung limb atas pake satu tangan, tangan satunya siap2 geser stringnya ke limb nock

Sebelum dikendorin, periksa lagi udah bener2 nyantol apa belum. Kalo gak hati2 string bisa meleset terus si bow/busur tiba2 meregang. Sakit tuh pasti kehantem.

Kalo udah yakin si simpul string atas dan bawah udah bagus nyantolnya udah bisa dilepas deh. Selesai
Terus cara ngelepas stringnya gimana? Tinggal dibalikin aja prosesnya. Menurut saya lebih gampang bongkarnya sih.
Oia, pake tangan kanan atau kirinya bebas aja ya gimana enaknya.

NB:
– Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
– Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha…

Nyeri leungeun,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

10 thoughts on “Cara Memasang dan Melepas String dari Bow/Busur Panah

  1. Idealnya string dilepas kalo gak dipake, buat menghindari orang iseng narik2, apalagi sampe dry fire. Naro busur nganggur dengan string terpasang diibaratkan kayak naro senjata yang ada pelurunya. Bikin yang liat jadi gatel pengen narik.

    Kalo secara teknis, saya pernah denger kalo busur modern yang terbuat dari bahan karbon dan foam gak akan melemah draw weightnya meskipun stringnya dipasang terus2an. Lain cerita dengan limbs yang masih ada campuran kayunya, mungkin kalo kelamaan dianggurin dengan string terpasang kekuatan lecutannya akan berkurang.

  2. Hmm, dijauhkan dari basah, lembab, dan panas aja sih. Terutama limbs karena laminasinya bisa lepas, juga kekuatan lecutannya berkurang. String juga dilepas kalo gak dipake.

    Sisanya mah biasa lah, jangan jatuh, kegencet, dan benturan fisik lain.

  3. Busur apa? Standard bow? Atau buatan sendiri/lokal?

    Kalo standard bow bisa diliat ukurannya berapa, stringnya tinggal pake ukuran itu.

    Kalo lokal/bikin sendiri coba ukur dulu panjang busurnya. Ukur dari tempat nyantol string atas sampe bawah. Tapi bukan diukur lurus. Ukur ikutin lengkungan busur bagian dalam. Nanti hasil pengukurannya dikurangi 3-4 inch. Itu ukuran stringnya.

    Cara yang lebih efektif coba pasangin sembarang tali, asal kuat. Set sampe brace height yang dipengen. Abis itu lepas dan ukur talinya. Dapet deh panjang string yang dibutuhin.

    Artikel tentang brace height disini: http://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/apa-itu-brace-height.html?m=1

  4. Saya punya Standard Bow yang lama ga dipakai tapi Stringnya kepasang terus, lalu entah kenapa Stringnya lepas sendiri entah karena pernah jatuh atau apa. Terus pas saya mau pasang sendiri, susah minta ampun.. Solusinya apa? Terima kasih jawabannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *