Toko Papatembak

Apa itu Center Cut?

Beberapa jenis handle/riser ada yang dipapas bagian tengahnya. Ada yang sekedar buat arrow rest, ada juga yang sekalian buat ngebidik yang biasa disebut sight window.

Ini yang namanya sight window

Center cut bisa diartikan sebagai jarak permukaan samping handle/riser tempat nempelnya arrow rest terhadap titik tengah lebarnya riser. 

Kalo si handle/riser dipapas sampe bener2 pas bagian tengah dari lebarnya busur, disebut dengan center cut = 0. Kalo dipapas kurang dari garis tengah disebut "positive center cut", kalo dipapas lebih dari garis tengah disebut "minus center cut" atau "cut past center".

Sebagai contoh, riser/handle standard bow keluaran SF dan Cartel memiliki center cut -1/8 inch (dibaca minus 1/8 inch atau 1/8 inch past center) karena dipapas 1/8 inch lebih dalam dari garis tengahnya riser/handle.

Lebar riser standard bow keluaran SF dan Cartel kisaran 4 cm. Coba aja ukur sendiri riser punyamu.

Gambar handle/riser standard bow merk Sebastien Flute (SF)

Ngaruhnya apaan ini center cut? Posisi center cut akan mempengaruhi yang namanya center shot.

Artikel tentang center shot bisa diliat disini: http://papatembak.blogspot.co.id/2016/08/apa-itu-center-shot.html

Selain itu, center cut juga akan mempengaruhi clearance/jarak aman antara fletching (vanes atau bulu) dengan handle/riser.

Riser metal mempunyai center cut yang jauh past center, jadi jarak amannya juga tinggi. Contoh riser Win&Win Inno CXT punya center cut -0.354 inch atau -9mm. Kalo mau pake fletching macem spin wing juga gak akan nyerempet riser. Lain dengan standard bow, pasang fletching dengan konfigurasi offset atau vanesnya agak lebar sedikit aja bisa nyerempet riser itu vanesnya, apalagi kalo pake spin wing. Kalo sampe fletching nyerempet riser nantinya bakal ngaruh ke akurasi, kalo nyerempetnya parah bisa lepas itu fletching.

Center cut di handle/riser kayu gak bisa banyak2 karena nanti bisa jadi mudah patah risernya. Riser kayu umumnya center cutnya di kisaran -1/8 sampe -3/16 inch. Contoh riser yang center cutnya -3/16 inch adalah Samick Sage.



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Ngopi heula meureun wayah kieu mah,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

3 comments:

Powered by Blogger.