Toko Papatembak

Pentingnya Kompetisi Untuk Anak-Anak (oleh Kusuma Ismail)

Juara ronde aduan SD prestasi putri Elang Borneo Open Agustus 2016.

Penulis kontributor: Kusuma Ismail 
Pemilik dan pelatih Sabili Archery Club, Balikpapan, Kaltim



Kompetisi menjadi momok yang menakutkan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Karena dengan kompetisilah kita akan menemukan banyak tantangan dan kekecewaan. Jika mental belum kuat bukan tidak mungkin akan mengalami depresi. Apalagi jika ada hal-hal buruk yang menimpa selama menjalani kompetisi.

Mungkin anda akan mengalami trauma berkompetisi. Hal ini tentu akan mendatangkan efek buruk jika dialami oleh anak-anak. Anak yang tadinya sangat suka memanah bisa mendadak tak ingin lagi memanah, Karena itulah penting untuk membawa anak anda mengikuti kompetisi sejak dini.

Mulailah dengan mengikuti kompetisi lokal. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan anak anda terhadap kehidupan sosial. Ajaklah dia berkawan dengan kompetitornya dan buatlah dia menjadi pribadi yang ramah dan berpikir positif. Setelah terbiasa mengikuti kompetisi berskala kecil bergeraklah ke skala besar.

Diskala yang lebih besar ini anak anda akan belajar tentang kompetisi yang sesungguhnya, tentang bagaimana dia bisa memanfaatkan kelebihannya untuk mengalahkan lawan-lawannya. Disini juga dia bisa belajar tentang sportifitas bahwa tidak selamanya sang juara akan juara, dan ada saatnya dia harus kalah.

Jika anak anda bisa melalui semua itu dengan baik, maka mental nya dipastikan sudah terasah. Dikemudian hari dia akan lebih siap menghadapi segala rintangan dengan perasaan semangat. Karena dia tahu suatu saat akan menjadi juara. Untuk mendukung proses mental anak anda dukungan orang tua sangat penting sekali, dan berikan kepada sikecil busur panahan supaya si kecil mengenal busurnya lebih dekat , dan orang tua menemani kesehariannya dalam berlatih.

Semoga dengan moment Borneo Open3 dengan Tajuk Archery for love dapat memberikan satu hal penting bagi si anak untuk dapat merasakan pengalaman berkompetisi. 

Mari kita bentuk anak kita menjadi seorang bermental kuat dan juara dan berakhlak mulia.

#borneoopen3
#archeryforlove
#anakkubisajuara

Salam
Coach Kusuma
Sabili Archery Balikpapan



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...

No comments

Powered by Blogger.