Toko Papatembak

Solusi untuk Stabilizer Longgar

Ngeselin gak sih kalo sambungan stabilizer longgar mulu? Muncul suara sember gak enak didenger setiap release. Udah dikencengin eh longgar lagi longgar lagi.

Stabilizer itu banyak sambungannya. Semua part disambung pake ulir dan setiap sambungan memungkinkan untuk jadi longgar ketika dipake.

Intermezo dikit, ukuran thread/ulir untuk stabilizer itu dalam satuan imperial/inch. Ulir yang nempel ke busur ukurannya 5/16-24, dan ulir yang nempel ke weight/pemberat biasanya 1/4-20.

Sambungan yang biasanya suka longgar di stabilizer pada bisa diliat di gambar ini:


Apa yang menyebabkan stabilizer longgar? Udah jelas jawabannya adalah karena getaran. Jadi hal pertama yang harus dilakuin adalah mencari sumber getaran yang terlalu kuat dan mencoba meredamnya.

Lalu apa yang menyebabkan getaran pada busur? Busur pada saat release pasti bergetar karena limbs melepas energi secara tiba2. Getaran ini bisa diperparah karena setingan busur yang kurang tepat. Misal karena ukuran brace heightnya kurang tepat, pemasangan pemberat/weight pada busur atau stabilizer, dll.

Kalo belum ngerti brace height bisa baca dulu disini: https://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/apa-itu-brace-height.html

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengurangi getaran tersebut diatas. Misal kalo masalahnya adalah brace heightnya, kamu bisa tes ukuran berapa yang pas buat busurmu. Caranya pas release didengerin mana yang paling gak berisik. Juga dirasain di tangan, mana yang paling sedikit getarannya. Contoh saya pake standard bow 68/24, settingan brace height yang cocok buat busur saya setelah beberapa kali percobaan bongkar pasang adalah 21cm. Saat settingan brace heightnya dibawah atau diatas 21cm saya ngerasa suaranya lebih berisik dan getarannya lebih kuat. Settingan busurmu mungkin beda, harus dicoba sendiri. Bisa juga minta tolong temen dengerin mana yang menurut dia lebih gak berisik.

Masalah lain pada umumnya adalah karena pemakaian weight/pemberat di ujung stabilizer. Getaran pada busur bakal semakin kuat kalo kamu pasang pemberat di ujung stabilizer. Makanya diantara pemberat dan stabilizer rod suka dipasang yang namanya weight damper/dampener. Itu loh yang dibikin dari karet. Fungsinya jelas buat ngurangin getaran.

Selain 2 penyebab diatas, penyebab lainnya adalah karena ulir stabilizernya emang longgar. Entah buatan lokal atau import, ada aja yang emang cacat. Ulirnya kurang presisi jadi kena getaran dikit aja udah longgar dia. Ini masalah yang paling nyebelin menurut saya.

Tapi tenang, ada aja solusinya. Yang paling gampang sih dengan naro karet ban dalem atau kulit diantara sambungannya. Atau bisa juga pake seal tape (selotip putih buat pasang keran air) di ulirnya. Tujuannya supaya meredam getaran dan membuat sambungan lebih kenceng.

Diganjel karet ban dalem atau kulit

Ulir stabilizer dilapis seal tape

Sialnya stabilizer punya saya ternyata gak mempan, masih aja suka longgar. Saya coba cara lain dengan pake yang namanya spring washer. Cara kerjanya sama dengan karet ban dalem dan kulit tapi efek pegasnya lebih kuat. Tapi karena luas permukaannya terlalu kecil dan terlalu tebal jadi hasilnya juga belum memuaskan, masih suka longgar. Mulai bete.

Yang namanya spring washer

Saat hampir putus asa, saya keingetan dulu di tempat kerja suka pake benda dibawah ini buat mencegah sambungan longgar. Namanya sama2 spring washer tapi bentuknya lebih pipih dan permukaan sentuhnya lebih lebar. Sayangnya setelah saya cari muter2 di Bandung saya gak nemu toko yang jualnya. Online pun gak nemu, akhirnya saya putusin buat import sendiri. Tapi terbayar sih, soalnya permasalahan stabilizer longgar akhirnya kelar.

Spring washer yang akhirnya saya pake dan berhasil. Beda sama washer biasa, dia agak cembung jadi ada efek pegasnya. Membuat sambungan lebih ngunci.

Washer biasa, gak cembung. Gak bisa dipake ngunci sambungan stabilizer.

Spring washer dipasang di sambungan stabilizer.

Spring washer udah terpasang di bagian stabilizer yang suka longgar.

Naaaah, sekalian promosi deh. Karena pas import kemaren belinya harus banyak, jadi sisanya juga banyak. Kalo kamu udah coba pake karet ban dalem, kulit, seal tape, atau metode lain tapi masih suka longgar stabilizernya boleh dibeli nih. Stok terbatas, murah aja. Via contact us aja kirim pesan ya, ntar saya kasih nomor WA.

Sisa washer springnya.



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Rek kieu kieu wae euy?
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.com

8 comments:

  1. boleh dong kirim wa nya di 085241782228

    ReplyDelete
  2. Gan, request dong totorial tentang memilih ukuran panjang stabilizer yg sesuai dgn ukuran busur panah kita, kan kalo yg long road ada ukuran 26, 28, & 30 inci, kalo yg short road ada yg ukuran 10 & 12 inci, dan extendernya ada ukuran 4, 5, dan 6 inci. Kalo misalkan ada sdh ada toturialnya, saya minta linknya hehee..
    Syukron.

    ReplyDelete
  3. jual ditoped ga om? minta nomor wa nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangnya habis om.

      Ini nomor saya 081321041212.

      Delete
  4. Boleh minta nomor wa nya gan ,,kirim ke 0817350311
    Gan, request dong totorial tentang memilih ukuran panjang stabilizer yg sesuai dgn ukuran busur panah kita, kan kalo yg long road ada ukuran 26, 28, & 30 inci, kalo yg short road ada yg ukuran 10 & 12 inci, dan extendernya ada ukuran 4, 5, dan 6 inci. Kalo misalkan ada sdh ada toturialnya, saya minta linknya hehee..
    Syukron.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.