Toko Papatembak

Lipstick Test alias Clearance Test

Panahan, terutama target archery sangat mementingkan akurasi. Segala cara dilakuin biar laju anak panah gak keganggu. Salah satu gangguan yang mungkin terjadi adalah minnowing. Minnowing adalah gerakan anak panah goyang2 ke samping mirip fishtailing tapi goyangannya lebih sedikit dan lebih cepet. Minnowing disebabkan oleh bagian belakang anak panah yang nyerempet ke riser. Biasanya bagian fletching atau bahkan bagian belakang shaft dan nock.


Istilah minnowing dikeluarin sama Easton, yang terinspirasi dari minnow yaitu ikan kecil2 yang biasa dipake umpan mancing.

Gimana cara ngetestnya? Ini yang dinamakan clearance check atau ada juga yang suka bilang lipstic test.

Langkah pertama yang paling susah. Ngebujuk bini biar minjemin lipstiknya. Biasanya berhasil kalo dijanjiin beli yang baru. hahaha...

Lalu oleskan secukupnya di bagian yang mungkin nyerempet ke riser. Bagian fletching atau pantat shaft dan nock juga boleh.


Abis itu nembak deh kayak biasa. Kalo lipstiknya berbekas di riser berarti beneran nyerempet. Contohnya di bawah ini:


Gimana cara menanggulanginya?

1. Tuning busur dan anak panah dengan baik, bisa dengan cara bare shaft tuning, paper tuning, walk back tuning, atau metode tuning yang lain.



2. Kalo masih nyerempet bisa coba puter nocknya (kalo pake nock yang sistem lem ya apes). Kadang orientasi nock terhadap fletching kurang pas. Puter nocknya dikit2. Nock gak mesti lurus sama fletching. 

3. Ganti fletchingnya sama yang ukurannya lebih kecil, terutama lebarnya.

4. Selain masalah dari alatnya, yang paling mungkin adalah masalah dari pemanahnya sendiri. Release yang kurang halus bisa nyebabin arrow terbangnya gak karuan.

Katanya selain pake lipstik, bisa juga pake bedak yang ditabur di riser. Kalo ada adegan nyerempet ntar keliatan bekasnya. Saya sendiri belum pernah nyoba yang pake bedak, karena saya pikir bakal lebih susah liat bekas serempetannya.



NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...



Peurih panon,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.com

No comments

Powered by Blogger.