March 29, 2024

Cara Memasang Clicker pada Standard Bow atau Riser Kayu Lainnya.

Clicker, benda kecil dan menurut saya paling nyebelin dibanding asesoris lain dalam panahan. Kadang buat ngebunyiinnya butuh sampe ngeden2, apalagi kalo udah cape. hahaha…
Buat yang belum tau, clicker itu alat buat ngecek panjang tarikan biar konsisten. Anak panah harus dipotong berdasarkan draw length si pemanah. Pas narik string, begitu ujung anak panah udah lewat dari tepi clicker, clicker bakal bunyi. Anak panah bisa langsung direlease kalo udah bunyi. 
Dipasangnya di riser kayak gambar di bawah ini kurang lebih:

Kalo riser metal biasanya udah dilengkapi ulir buat masang clickernya, jadi udah tinggal pasang aja. Tapi kalo riser kayu lain cerita.

Karena itu, sebenernya udah ada clicker khusus buat yang risernya belum ada ulirnya. Cartel mengeluarkan yang namanya adj clicker. Barangnya kayak begini:

Bagian yang bulet di adj clicker ini udah ada double tapenya, jadi tinggal tempel di busur. Double tapenya cukup kuat, beda sama double tape biasa. Jadi kalo diganti double tape biasa gak akan kuat nempelnya, bakal lepas2 terus.
Kekurangannya ada di ulirnya yang gampang hancur, karena ulirnya tipiiiiis banget. Jadi kalo kamu bongkar pasang terus2an, atau masangnya terlalu kenceng bakalan langsung jebol.
Kondisi yang udah terpasangnya kurang lebih kayak begini:

Kalo ulir female si clicker udah jebol, salah satu solusinya adalah mengganti bautnya dengan sekrup. Langsung dipasang tembus ke risernya, mau gak mau risernya jadi ada lubangnya.

Adj clicker ukuran lubangnya cuma 3mm. Jadi bagusnya pake sekrup m3 (diameter 3mm).

Gitu doang kalo mau pake clicker versi adj nya Cartel. Sederhana dan murah. Ada disini kalo mau beli, hehe…

Tapi tidak bisa dipungkiri, diantara kita ada aja yang kepengen pake yang mahal. Entah karena kualitasnya atau karena pengen gaya. haha…

Clicker yang bagus itu gak terlalu kuat menekan anak panah tapi suaranya kenceng, juga gak mudah geser. Tau sendiri clicker itu geser 1 milimeter aja udah lain hasilnya.

Nah, kalo misal pengen pake clicker selain clicker tempel gimana? Daripada pake sekrup, saya pribadi lebih milih buat pasang ulir dudukannya secara permanen, biar gampang bongkar pasangnya.

Ukuran ulir yang biasa dipake clicker adalah 6-32 (ukuran inch). Kebetulan baut dan mur ukuran ini biasanya dipake di spacer/standoff-nya motherboard komputer.

Spacer/standoff motherboard komputer

Potong secukupnya, biar risernya gak dibor terlalu dalem.

Bisa juga pake ini, namanya coupling nut.
Cobain dulu pasangnya mau di sebelah mana, lalu tandain dan bor pas2an aja. Setelah itu pasang mur/nut/ulir female nya. Dilemnya pake epoxy biar kuat.
Udah dipasang pake lem epoxy, biarin kering maksimal selama 24 jam.
 Jadi deh…

NB:
– Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
– Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha…

Raoseuuun,
Azhar A. Suryadiningrat
www.papatembak.com

17 thoughts on “Cara Memasang Clicker pada Standard Bow atau Riser Kayu Lainnya.

  1. Passs.. Dgn kegundahan ane… Agak sebel ma clicker ga paham masangnya… Akhirnya kebalik, ujung adj clicker malah melengkung keluar bukannya melengkung ke dalam…

  2. Mas papa, ada tips motong arrow yang baik dan benar?. Apakah bisa dilakukan sendirian saja?. Alat yg digunakan untuk memotong?.untuk arrow platinum, bisakah Pakai pvc cutter/gergaji besi sja?. Terimakasih.

  3. Mau nanya. Busur anak ku kliker nya eksternal seperti saran ente dulu. Yang jadi pertanyaan. Adakah atur
    an perpani tentang menaruh kliker.?

  4. Waduh maaf baru kebaca. Idealnya pake arrow cutter supaya rapi dan seragam. Karena beda 1mm aja ngaruhnya lumayan di tenaga yang dikeluarkan dan akurasi.

    Biasanya toko panahan besar suka buka jasa potong arrow.

  5. Kliker ama presier point itu sama atau beda. Soalnya ada keterangan maksimal pressiur point maksimal 2cm ke belakang dari pivot point

  6. Kang, yg di foto kan conth yang pake clicker beiter. Klo misalnya saya belu yg decut solo 0,3 , sama ga ya bautnya. Takutnya udah beli spacer ternyata beda.
    Di foto beiter ada kode 0,25.
    Di decut solo ada kode 0,3.
    Apa itu ukuran baut?

  7. Salam tuan..jika udah mula guna clicker, arrow nya harus di potong brapa cm/inci ya? Contoh arrow length 30 atau 31″..mau cut jdi tingal brapa inch nya ya? Klu ukuran draw lenght saya lbh kurang 30.4 hinga 30.7inch..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *