Toko Papatembak

Cara Memasang Arrow Wrap

 

Kadang hal sesederhana ini pun ada aja orang yang kesulitan, makanya mendingan saya bikin artikelnya aja sekalian. Kebetulan baru dapet rejeki nomplok, dikasih 2 set arrow wrap secara cuma2 sama om Iwan Janissary. Tengkiu om!



Langsung ke cara pasangnya. Pertama anak panah dibersihkan dari debu, minyak, dan kotoran lain. Buka stikernya lalu taro terbalik di atas permukaan yang rata. Bagian yang ada angkanya biasanya ditaro paling deket ke nock.

Abis itu sejajarkan shaft anak panah dengan stiker. Setelah sejajar, gelindingkan shaft sampe stiker arrow wrapnya nempel semua di shaft.



Setelah arrow wrap terpasang, ada kemungkinan posisi arrow wrap gak sejajar sama nock. Kenapa harus sejajar? ya biar rapi dan seragam aja. Masa udah dipakein arrow wrap tapi masangnya sembarangan.

Sama designer arrow wrapnya udah dibikinin garis bantu. Garis tersebut harus disejajarkan sama titik patokan yang ada di nock. Yang berarti disitu adalah tempat buat naro index vane (vane yang warnanya beda sendiri).



Titik patokan di nock.

Untuk kalian yang pake nock tipe insert macam G nocknya Easton Platinum, nock bisa diputer kalo orientasinya salah. Ada alatnya khusus yang namanya Nock Tool (bisa beli disini). Bisa juga pake tang, tapi karena muternya agak keras, gigi tang biasanya berbekas di nock.

Yang namanya nock tool.

Bekas gigi tang di nock.

Buat kamu yang pake nock tipe lem kayak conventional nocknya Easton Tribute, kan gak bisa diputer tuh kalo salah orientasinya. Jadi baiknya kamu pasang stikernya mulai dari tengah. Dipasin dulu titik patokan di nock sama wrapnya, baru dipasang.

Masang wrap mulai dari tengah buat yang nocknya dilem.

Berhubung saya gak punya fletching jig, jadi saya juga belum bisa pasang vanesnya sekalian. Ini ada foto lain buat contohnya. Cara pasang vanes pake fletching jig ada disini artikelnya.


Arrow wrap selain mempercantik penampilan anak panah, juga sangat membantu supaya vanes gak gampang lepas. Karena lem akan lebih kuat nempel di wrap daripada langsung di shaft.

Kalo kamu punya masalah vanes gampang copot, silahkan coba pake arrow wrap. Yang cakep macam ini bisa langsung pesen ke Om Iwan disini. Kalo budgetnya lagi tipis bisa coba yang versi generik, artikelnya disini.


NB:
- Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
- Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha...


Martabak heula,
Azhar A. Suryadiningrat
www.papatembak.com

5 comments:

  1. Kang..bahan wrap itu apa ya? Keetas atau plastik vinyl? Saya mau coba bikin sendiri di tempat bikin stiker. Tks.
    Munzir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama bahannya saya kurang paham. Kayaknya lebih ke kertas supaya lebih melekat vanesnya.

      Delete
  2. Apaka ada aturan khusus utk pertandingan utk pemasangan stiker? Misal harus dipangkal arrow dekat nock? Atau bebas tetserah dimana mau nempelin juga ukurannya?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.